Bisakah Airbag Dipasang pada Mobil Konvensional?

Ilustrasi Airbag.
Sumber :
  • www.inautonews.com

VIVA – Tulisan 'SRS Airbag' pada lingkar kemudi atau setir menjadi salah satu tanda bahwa mobil dilengkapi kantung udara sebagai fitur keselamatan standar. Namun, tak semua mobil yang menggunakan setir dengan tulisan tersebut, benar-benar memiliki kantung udara di dalamnya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pemilik bengkel Dionrangga Spec. Rare Item, Dionrangga mengatakan, bisa jadi pemilik sudah mengganti lingkar kemudinya, namun mobil memang tidak memiliki fitur kantung udara.

"Bisa aja orang punya Avanza model paling dasar dan enggak ada airbagnya, mau ganti setir pakai merek lain ada tulisan ‘Airbag’, itu bisa ya tapi memang enggak ada fiturnya, cuma tulisan aja," kata dia kepada VIVA.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lantas, bisakah memasang airbag pada mobil model lawas ataupun mobil standar? Dionrangga mengatakan, itu bisa saja dilakukan, namun prosesnya sangat rumit. Mobil harus terlebih dahulu dibongkar untuk meletakkan semua komponennya mulai dari sensor, modul, hingga kantung udaranya itu sendiri.

Selain itu, penyetingan pada computer unit juga harus dilakukan, serta harus melakukan sinkronisasi ke bagian electronic mobil. Hal tersebut tentunya memiliki risiko yang sangat besar.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Bisa aja, cuma itu ribet banget prosesnya dan enggak sesuai rekomendasi pabrikan. Jatuhnya ya custom atau akal-akalan. Selain itu, biayanya juga enggak murah. Memang lebih baik enggak.” (mus)
 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022