Rahasia di Balik Pembuatan Mobil Toyota dan Daihatsu

Alat pembuat komponen kendaraan.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Untuk membuat sebuah kendaraan, pabrikan biasanya membutuhkan alat yang dipasok oleh perusahaan lain. Salah satu perusahaan penyedia mesin industri kendaraan itu adalah Tongtai.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

General Manager Tongtai Indonesia, Tony Wang, mengatakan alat-alat buatan Taiwan itu banyak digunakan untuk membuat komponen kendaraan.

"Mesin Tongtai untuk membuat sasis dan bikin suku cadang kendaraan," kata Wang di JIexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu 6 Desember 2017.

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

Dia mengungkapkan Tongtai telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan otomotif asal Jepang, seperti Toyota, Daihatsu dan Yamaha. Salah satu mesin yang digunakan untuk membuat suku cadang tersebut yaitu VTX-5A.

Mesin tersebut dipamerkan di acara Machine Tool Indonesia 2017. "VTX-5A ini untuk mencetak komponen berskala kecil. Untuk yang berskala besar pakai HB-630," ujarnya.

Pabrikan Mobil Listrik Asal China Ini Sudah Tembus Produksi 7 Unit

Tony berharap, industri otomotif berkembang baik di tahun depan. Sebab sejak tahun 2016, permintaan industri mesin otomotif mengalami penurunan yang sangat drastis.

"Tahun 2014-2016 masa jaya industri otomotif Indonesia, kami dapat permintaan banyak dari pabrikan. Tapi, setelah 2016 menurun. Harapan kami, 2018 bisa lebih baik," kata Wang. (ren)

OtoVIVA beberapa waktu lalu sempat satu mobil bareng ratu drift Indonesia, Alinka Hardianti. Emang bener-bener gila! Nyaris pingsan! Lihat saja di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya