VIVA – All new Daihatsu Terios resmi dijual dengan kisaran harga Rp195-247 jutaan dalam tujuh pilihan varian. Harga model baru ini diketahui sama dan untuk beberapa varian, bahkan diketahui lebih murah Rp4 jutaan dari generasi sebelumnya.
Lantas, efektifkah cara menyamakan harga tersebut untuk penjualan Daihatsu Terios nantinya, mengingat strategi ini cukup unik untuk sebuah mobil baru?
Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengatakan, menyamakan harga memang sengaja dipilih untuk memasarkan all new Terios di Indonesia.
"Sesuai yang kami katakan di awal bahwa target kami untuk all new Daihatsu Terios terbaru itu 2.000 unit per bulan. Semoga ini bisa diterima masyarakat dengan baik," kata Amel saat dihubungi VIVA, Kamis 4 Januari 2018.
Ditanyai soal kemungkinan cara ini dilakukan untuk produk-produk Daihatsu lainnya, Amel enggan berkomentar. Dia hanya mengatakan, penyamaan harga produk baru dengan produk sebelumnya memang baru dilakukan untuk model Daihatsu Terios.
"Yang pasti menurunkan harga memang kami lakukan untuk Terios, Untuk produk lainnya, mohon maaf belum bisa kasih komentar ya. Sementara itu dulu," ujar Amel.
Bicara soal penjualan Daihatsu Terios model lama, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2017 berada dikisaran 1.100an unit per bulannya. Angka tersebut terus menurun mulai Juli sampai November 2017 di angka 500an unit setiap bulannya. Selama 11 bulan pada tahun lalu, Daihatsu diketahui berhasil menjual 10.344 unit Terios.