Daihatsu Tak Berharap Jualan Banyak Tahun Ini

All New Daihatsu Terios.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Meski sudah memiliki mobil baru di 2018, namun PT Astra Daihatsu Motor masih belum percaya diri untuk meraup untung yang lebih besar. Sebab, mereka memprediksi pasar mobil tahun ini tidak akan ada kenaikan.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra, mengatakan, tahun politik membuat Gaikindo melihat pasar mobil masih mirip seperti tahun lalu, enggak akan terlalu banyak naik.

"Meskipun banyak model baru, itu tidak akan menggerakkan pasar tahun ini. Karena, Gross Domestic Product (GDP) di atas lima koma itu belum bisa menggerakkan pasar mobil. Harus di atas enam persen, baru bisa daya belinya meningkat," ujar Amelia di Padang, Sumatra Barat, Jumat 12 Januari 2018.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Menurutnya, pemerintah tahun ini memprediksi GDP hanya di angka 5,2 atau 5,4 persen. Maka dari itu, Daihatsu hanya menargetkan 180 ribu mobil terjual tahun ini.

"Terios targetnya 2.000 per bulan. Yang paling laku tipe R, selalu varian yang paling tinggi,” tuturnya.

Penjualan Daihatsu hingga Agustus 2022 Naik 38 Persen

Ia menjelaskan, tahun lalu Daihatsu menempati peringkat ketiga secara wholesales atau pabrik ke diler. Posisi dua dihuni oleh Honda.

"Honda lebih tinggi sekitar 400-an (unit), tapi retail kami lebih unggul," ungkapnya. (ase)

VIVA Otomotif: Mobil terlaris di Indonesia September 2023

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil di Indonesia pada September 2023 mengalami penurunan sebesar 6,3 persen dari bulan seb

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2023