Bikin Banyak Mobil MPV, Indonesia Hanya 'Jago Kandang'

Mobil MPV di Ajang IIMS 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Jenis kendaraan pribadi yang saat ini diminati secara global, yakni sedan dan sport utility vehicle atau SUV. Tetapi, di Indonesia, kedua jenis mobil tersebut masih kalah laris dengan model Multi Purpose Vehicle atau MPV.

Jadi Simbol Kesuksesan, Segini Harga Mobil Sedan Terbaru Desember 2023

Ternyata, yang membuat penjualan MPV bisa moncer di Tanah Air, bukan karena mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini.

Melainkan, pajak MPV lebih rendah dari sedan. Alhasil, harga jual sedan menjadi jauh lebih mahal. Hal itu dikatakan Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D Sugiarto.

Terpopuler Otomotif: Pemotor Kena Piting di Pom Bensin, Daftar Motor Matik dengan Bagasi Luas

Menurutnya, wajar saja jika MPV lebih laku, karena selisih pajaknya lebih rendah 20 persen dari sedan. Jika pajak sedan diturunkan, ia yakin akan banyak peminatnya.

"Kalau diturunkan (pajak), orang sanggup beli. Sebagian mengatakan, saya tak perlu tujuh penumpang, tetapi sanggupnya beli mobil ini. Jadi saya katakan, sedan ini punya peluang jika harganya sama seperti MPV," ujarnya di Jakarta Pusat.

Mobil Sedan dengan Tampilan Mewah Ini Disetop Produksinya

Ia menjelaskan, dari kajian Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat (LPEM UI), jika tarif pajak disesuaikan, maka segmen yang paling meningkat adalah sedan.

"Kita kejar untuk memproduksi kendaraan yang disukai dunia, misalnya sedan. Sementara itu, di Indonesia produksi dominan MPV. Belum memenuhi minat dunia. Jangan jago kandang. Ibaratnya, orang ke restoran yang tersedia hanya nasi goreng. Saya iri dengan Thailand," tuturnya. (ren)

Yamaha RX-King 2003 Anniversary

Terpopuler Otomotif: Harga Yamaha RX-King Bekas Akhir Tahun, Vespa Mickey Mouse Hadir di RI

Berita yang membahas tentang harga Yamaha RX-King bekas akhir tahun dan Vespa Mickey Mouse hadir di RI, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2023