Bukan LCGC, Datsun Cross Pakai Mesin Baru?

Datsun Cross
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Datsun Cross resmi meluncur di Indonesia dengan menggendong mesin berkapasitas 1.198 cc. Mesin tersebut dikombinasikan dengan dua pilihan sistem  transmisi, yakni manual lima percepatan dan otomatis CVT. 

Datsun Remuk Tertimpa Pohon Tumbang di Semarang, Sopir Terjepit

Spesifikasi mesin yang digunakan Cross mirip dengan yang dipasang pada Datsun GO dan GO+. Hal ini menimbulkan pertanyaan, samakah mesin Datsun Cross dengan kedua kakaknya?

Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit Nissan Motor Co Ltd, Nobuyuki Kawai mengatakan, mesin yang digunakan pada Datsun Cross, khususnya yang digabung dengan sistem transmisi CVT, mendapatkan penyesuaian.

Datsun Bakal Dijadikan Mobil Listrik Murah oleh Nissan

"Transmisi manual kami gunakan pada Datsun GO dan GO+. Transmisi CVT kami menggunakannya baru untuk Datsun Cross. Untuk mesin, benar-benar baru sistemnya. Meski mesin sama, tetapi pengaturan mesinnya berbeda untuk Cross," kata Kawai di Jakarta.

Dengan kontrol mesin yang baru itu, kata Kawai, maka ada perbedaan tenaga antara Datsun Cross dengan GO maupun GO+. Meski demikian, torsi yang dihasilkan mesin tersebut tetap sama.

Baru Dipakai 2 Tahun, Harga Mobil SUV Ini Turun 47 Persen

"Di bagian mesin, kami banyak melakukan penyesuaian. Untuk sistem transmisi CVT, semuanya baru. Tenaga mesin ada kenaikan sekitar 10 daya kuda, dengan transmisi CVT menjadi 78 daya kuda. Torsinya sama, 104 Newton meter," tuturnya.

Mobil bernama Cross tersebut diketahui merupakan produk ketiga merek Datsun di Tanah Air. Mobil ini tidak lagi dijual sebagai low cost green car, lantaran banderolnya mulai dari Rp163 juta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya