Juara di Palembang, Chopper Ini Mirip Motor Jokowi

Chopper milik Yudha yang menangkan acara kustom Palembang.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Menjadi juara dalam kompetisi motor kustom tentu tidak mudah. Seperti perjuangan Yudha Nugraha dengan motor chopper garapannya yang butuh waktu tiga tahun hingga jadi best of the best di ajang Suryanation Motorland seri pertama, Palembang.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Builder dari Coffee Gasoline ini butuh waktu setengah tahun lebih untuk meracik chopper miliknya yang berbekal mesin Triumph TR 6 berkapasitas 650cc. Menariknya, mesin Triumph ini didapat dari Amerika Serikat dalam bentuk terpisah.

“Setengah tahun saya bangun motor ini, karena ngumpulin mesin saja sudah hampir tiga bulanan, semuanya terpisah mulai dari gearbox. Blok mesin saya dapat dari Amerika Serikat, karena memang tua dan langka,” ujarnya kepada VIVA.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Seperti diketahui, mesin yang memiliki gearbox terpisah ini tercatat merupakan mesin terkencang pada era 1960-an. Itu pula yang menjadi kebanggaannya. Apalagi kondisi mesin masih standar alias original, hanya pengapian yang sudah diubah.

“Mesin masih standar, semuanya original, kalau mesin tua begini masih waras saja sudah alhamdulillah. Kalau pengapian ada ubahan karena pakai AC bukan DC. Jadi enggak pakai aki, tetapi lampu nyala dan keunggulannya kalau motor enggak dipakai-pakai masih bisa nyala, tinggal kick starter,” tuturnya.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

Berbicara soal model kustom, motor milik Yudha ini ada kesamaan dengan tunggangan milik Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang mengusung gaya chopper. Tapi proses pengerjaannya lebih rumit chopper milik Yudha, terutama pada cat tangki yang melewati proses krom terlebih dahulu.

“Warna itu lumayan lama juga (prosesnya). Memilih warna itu (hijau toska) agak unik dan orang lihat bisa ingat terus, kalau merah atau unggu sudah biasa. Sementara sasis bahannya dari pipa seamless ketebalan tiga mili lebih,” sambungnya.

Data modifikasi

Pelek belakang: Alumunium R19x215

Pelek depan: Alumunium R21x215

Ban depan: Swallow 300/21

Ban belakang: Shinko 400/19

Setang: Kustom

Lampu depan: Aftermarket Thailand

Jok: Kustom MB-Tech

Suspensi depan: Springer kustom

Suspensi belakang: Rigid kustom

Knalpot: Kustom

Tangki: Kustom

Spakbor belakang: Kustom

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya