Petani Bandung Modif Gran Max Biar Gampang ke Sawah

Daihatsu Gran Max milik petani di Bandung.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Modifikasi sepertinya tak mengenal batas dan memandang pekerjaan. Seperti yang dilakukan seorang petani asal Bandung, Jawa Barat, Deni Irawan.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Dia menyulap mobil kesayangan Daihatsu Gran Max tipe Blind Van menjadi bergaya off road. Modif dilakukan pada mobil pengangkut barang itu demi memudahkan profesinya sehari-hari.

Jika melihat mobilnya secara seksama, bisa terbilang esktrem. Gran Max yang punya desain kaku itu justru terlihat gahar berkat tangan dingin Deni.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

“Saya mengubah Gran Max ini bergaya off road karena menyesuaikan medan jalan yang setiap hari saya lalui. Aktivitasnya di kebun, biasanya saya gunakan untuk angkut alat-alat kayak cangkul, parang, sama hasil kebun, kadang-kadang kentang atau brokoli macam-macam,” ujarnya saat berbincang dengan VIVA.

Untuk mendapat jarak pijak yang tinggi, Deni mengaku menanamkan suspensi Suzuki Grand Vitara di belakang yang sudah kustom. Sementara bagian depan, kendati masih standar namun coilover standar pabrikan sudah diberi tambahan bantalan agar tinggi.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Daihatsu Gran Max milik petani di Bandung.

Ground clearance naik sekitar 25 sentimeter. Untuk pelek depan belakang berukuran ring 15, ban Komodo MT3 Plus. Saya kasih nama mobil ini Transpet, jadi singkatan saja iseng-iseng Transportasi Petani. Untuk biaya modifikasi saya enggak bisa kasih tahu,” tuturnya.

Untuk menegaskan tampilan garangnya, mobil Van ini juga dibekali stop lamp LED layaknya mobil Jeep Wrangler yang biasa terabas hutan. Kata dia, penggunaan lampu itu bukan sekadar hiasan saja, tapi diperlukan ketika dirinya sampai bermalam di perkebunan.

“Karena saya kalau di kebun sampai malam, makanya dengan watt lampu besar. Otomatis saya ubah kelistrikan, kebetulan ada power-nya juga. Jadi aki saya tambahin di ruang kabin tengah. Untuk roffrack saya kustom modelnya ARB, dan besi towing bar belakang aftermarket,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya