Tenaga Naik 3 Kali Lipat, Ini Rahasia Daihatsu Ayla Turbo

Daihatsu Ayla Turbo
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – PT Astra Daihatsu Motor memperkenalkan Ayla Turbo sebagai mobil konsep di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018. Perubahan yang dilakukan mulai dari mesin, eksterior, interior, sampai kaki-kaki.

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

Mobil ini adalah hasil kerja sama tim riset dan pengembangan ADM dengan bengkel yang biasa menangani performa mesin. Jantung pacunya masih menggunakan bawaan Ayla, yakni 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc.

Namun, tenaga yang semburkan mencapai 197 daya kuda dan torsi 242 Newton meter. Padahal, mesin asli hanya memiliki tenaga 65 daya kuda dan torsi 86 Nm.

Daftar Mobil Murah di IIMS 2024, Harga Rp100 Jutaan

Tenaga sebesar itu didapatkan, berkat dukungan turbocharger yang memiliki daya tekan hingga 14 per square inch. Adanya tekanan yang cukup tinggi dari turbo, kompresi ruang bakar dibuat rendah dengan mengganti piston dan setang piston, namun volumenya tetap.

Daihatsu Ayla TurboKarena membutuhkan api yang lebih besar, disematkan piggyback lansiran Dastek untuk mendukung kinerja ECU (engine control unit) asli pabrikan. Selain itu, ditanamkan dua injektor agar semprotan bensin ke ruang bakar lebih banyak dari standarnya.

Peminat Mobil Ini Naik Drastis di Awal 2024, Harga Mulai dari Rp135 Juta

Agar mesin tetap dingin, Daihatsu menambahkan intercooler dan pendingin oli. Sementara pada eksterior, desain bumper depan belakang diubah agar lebih aerodinamis, dengan bahan serat karbon.

Pada kaki-kaki, ubahan yang terlihat jelas pada pelek 15 inci alumunium dibalut ban Accelera 195/50 depan belakang. Untuk pengereman, cakram depan diganti dengan ukuran lebih besar dan dipasang kaliper AP Racing empat piston.

Sedangkan pada kabin, hanya ada satu jok balap buatan Sparco yang dilengkapi sabuk pengaman lima titik. Selebihnya, isi dari ruang interior hanya pipa besi atau roll bar. Pendingin udara tidak berfungsi, setir sudah diganti lansiran aftermarket dan panel instrumen mengadopsi model digital buatan Haltech.

Daihatsu Ayla turbo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya