Pakai Bahan Susah, Motor Ini Jadi Juara Kustomfest 2018

Motor custom juara Kustomfest 2018
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Kreativitas menjadi kunci utama saat melakukan rancang bangun kendaraan bermotor. Hal ini sudah dibuktikan builder dari Krom Works, Andika Pratama dengan hasil karyanya, sepeda motor bernama The 29.

SMEV Gelar Adu Modifikasi Motor Listrik Pertama di Indonesia

Sepeda motor custom racikan pria asal Jakarta tersebut dinobatkan menjadi Best Bike Kustom Show dalam festival Kustomfest 2018 di Yogyakarta. Andika mengatakan, The 29 mengusung aliran Cafe Racer dan dibangun setelah dia menginginkan sesuatu yang berbeda.

"Setelah berbagai macam proses dan mengamati, saya ingin sesuatu yang berbeda pada motor itu. Jadi saya terapkan parts handmade," ujarnya di Yogyakarta, Minggu 7 Oktober 2018 malam.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Meski demikian, konsep tersebut tidak diterapkan mentah-mentah. Dia mengembangkan ide-ide unik, seperti menggunakan bahan stainless steel untuk bodi, rangka, hingga komponen motor lainnya.

Motor custom juara Kustomfest 2018

5 Hal Populer tentang Modifikasi PCX 160

Namun, keputusan Andika menggunakan bahan tersebut bukan perkara mudah. Sebab, material antikarat itu tidak mudah untuk dilas. Diperlukan teknik khusus saat proses penyambungan pelat untuk bodi, maupun pipa yang dijadikan rangka untuk motor tersebut.

"Kalau bahan stainless steel dilas itu kayak bergerak, jadi dibutuhkan teknik khusus. Stainless steel yang dipakai itu tipe 316, dia lebih kuat," kata pria yang sudah dari kecil bergelut di bengkel motor itu.

Sementara, mesinnya menggunakan Harley-Davidson Softail Evolution edisi 2015. Meski memiliki tampilan ekstrem, Andika mengatakan, motornya bisa tetap dikendarai dan diberi kelengkapan, seperti lampu, jok hingga perangkat rem di depan dan belakang.

"Mesinnya enggak diubah. Bagian lainnya hampir semuanya custom. Bikin motor ini enam bulan, mulai dari nol sampai jadi. Sempat dicoba jalan," tuturnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya