Motor Custom Bantu Ekonomi Negara, Kok Bisa?

Motor custom di ajang Kustomfest
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Rancang bangun kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil, ternyata bukan sekadar pemuas hobi otomotif. Kegiatan ini ternyata bisa berdampak luas bagi kegiatan ekonomi di kehidupan masyarakat.

Ketertarikan China terhadap Minyak Nigeria

Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi mengatakan, kegiatan merancang bangun motor juga membantu industri yang ada di sekitarnya.

"Satu unit motor custom yang dibangun, contoh motor CB itu ada impact ke pendukung lainnya," kata Lulut di Jogjakarta.

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Lulut mencontohkan, ketika motor tersebut dan pemilik berencana melakukan custom, maka biasanya mesin akan dicopot dan dikirim ke bengkel mesin, ini membuat bengkel tersebut bisa terus beroperasi.

Tak cuma mesin, saat melakukan rancang bangun juga biasa dilakukan pembentukan bodi dan pengecatan, pemasangan kabel, serta pemasangan ban. Semua proses tersebut, kata Lulut, jelas membantu bengkel ataupun industri terkait.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

"Nah ini baru contoh dari satu sepeda motor, apalagi nanti jika ada 2.000 sampai 3.000 motor custom. Kira-kira begitu impact ekonominya," ujar Lulut.

Ilustrasi grafik perekonomian (Source: https://www.istockphoto.com/id)

Pemberlakuan Tax Holiday saat Pajak Minimum: Untung atau Buntung?

Tulisan ini berisikan terkait aturan penerapan perpajakan di Indonesia saat adanya pemberian insentif tax holiday pada saat penerapan pajak minimum.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2024