Juragan Pempek Jadi Juara Modifikasi Black Auto Battle 2018

Juara Black Auto Battle 2018
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Babak final kompetisi modifikasi Black Auto Battle 2018 yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, akhirnya selesai. Dari 11 pemenang yang berasal dari Solo, Purwokerto, Makassar dan Surabaya, telah terpilih satu mobil sebagai juaranya.  

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Mobil yang mendapat gelar Raja atau The Black Auto Master 2018 adalah Honda Genio. Mobil garapan bengkel Kupu-Kupu Malam tersebut milik pengusaha pempek asal Palembang, Ais. Selain dapat gelar juara tertinggi, sedan miliknya juga meraih gelar The Champ, atau mobil terbaik di Kota Pahlawan.

Wanita berhijab itu mengaku sangat senang bisa menjadi juara umum. Lokasi bengkel di Yogyakarta membuat dia butuh usaha lebih keras, agar bisa tampil maksimal.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

“Alirannya VIP Elegan. Meski bodi ekstrem, tetap nyaman digunakan sehari-hari,” ujarnya di Surabaya, Jawa Timur, Senin 3 Desember 2018.

Mobil juara Black Auto Battle 2018

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Salah satu modifikator Kupu-Kupu Malam, Kunto mengatakan, pengerjaan paling sulit modifikasi Honda Genio tersebut yakni mengubah penggerak roda, yang awalnya depan menjadi belakang. Dengan begitu, banyak ubahan pada sasis dan kaki-kaki.

“Mesinnya pakai Lexus LS400 konfigurasi V8 turbo ganda. Karena penggerak belakang, tulang tengah sasis bagian bawah ada perubahan untuk tempat gardan. Awalnya, itu hanya tempat knalpot,” tuturnya.

Secara dimensi, jarak antara roda bertambah 15 sentimeter. Dibuat lebih panjang, agar mesin Lexus dengan kapasitas 4.000 cc tersebut bisa masuk ke dalam ruang mesin.

“Suspensi belakang dan gardan L400, suspensi depan custom. Bodi semuanya custom sendiri, dan pakai motorized (bagasi, kap mesin, pintu),” katanya.

Untuk menambahkan kesan lokal, pelek berukuran 19 inci diberi sentuhan ukiran bertema batik Jawa dan Palembang. Pada bagian kabin, dibenamkan layar 10 inci, speaker Venom, enam subwoofer, amplifier empat unit, dan perangkat DJ (disk jockey). (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya