Panduan Mobil LCGC Mau Dipasangi Monitor TV

Ilustrasi sistem audio mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Head unit dengan monitor untuk menonton DVD atau siaran televisi kini banyak menjadi perangkat standar mobil baru. Meski demikian, perangkat hiburan ini tidak dipasang pada produk mobil Low Cost Green Car (LCGC). Solusinya tentu memasang produk aftermarket yang banyak beredar di pasaran.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Menurut Udin, instalator audio dari Din Audio MGK Kemayoran, sebelum memasang head unit dengan monitor, perhatikan dahulu posisi memasangnya. "Mobil LCGC untuk pemasangan monitor TV paling aman memang di dasbor tengah. Tinggal cari produk yang sesuai ukuran dan budget konsumen," kata Udin kepada VIVA.co.id.

Udin mengatakan, berbeda dari model mobil lainnya, LCGC akan sulit dipasangi monitor headrest. Hal ini karena LCGC menggunakan jok depan dengan model tinggi dan tidak memiliki sandaran kepala.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

"LCGC kayak Brio, Datsun, terus Calya-Sigra, joknya enggak ada sandaran kepala. Jadi ya enggak bisa buat (pasang headrest) penumpang belakang," kata dia.

Sementara itu, Indung dari Carav Audio di MGK Kemayoran mengatakan, jika pemilik LCGC tetap nekat ingin mengaplikasikan monitor headrest, maka jalan satu-satunya adalah membongkar jok orisinal pabrikan. "Paling konsumen yang tetap memaksa mau headrest monitor, harus rela jok asli dibobok, kemudian pakai monitor tipis yang ada bracket-nya. Nah bracket ditempel ke rangka jok supaya kuat," kata dia.

Kendaraan Komersial ini Dimodifikasi dengan Ciamik

Solusi lainnya, kata Indung, bisa memilih model roof monitor yang dipasang di plafon mobil. Khusus untuk mobil yang memiliki blower ac, maka pemasangan juga tidak bisa sembarangan.

"Paling pakai roof monitor. Itu juga kalau kayak Sigra kan ada ventilasi udaranya di plafon, harus diperhatikan posisi memasangnya. Biasanya diganjal dulu pakai papan, kemudian papan itu nanti jadi buat tempat dudukannya. Roof monitor paling bisa yang ukuran sembilan inci," kata dia. (one)
 

Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Hadiah yang diberikan kepada pengunjung Kustomfest 7-8 Oktober 2023 yang beruntung berupa mobil kustom bergaya pikap flat deck. Mobilnya berbasis sedan Toyota Crown 1982

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2023