Tips Bedakan Knalpot Asli dan Palsu, Jangan Sampai Tertipu

Knalpot racing untuk motor sport.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek sepeda motor di Indonesia sedang dibelenggu masalah. Pabrikan tersebut dituding menggunakan knalpot palsu pada Honda PCX terbaru versi modifikasi.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Jadi Honda PCX terbaru menggunakan knalpot berlabel Akrapovic. Padahal menurut Sphinx Motorsport selaku distributor resmi knalpot Akrapovic, knalpot yang digunakan adalah palsu.

Lantas bagaimana membedakan knalpot yang asli dengan yang palsu?

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tenaga Pemasaran Sphinx Motorsport Kevin Jackson mengatakan knalpot buatan pabrikan asli atau palsu bisa dilihat dari berbagai aspek. Pertama dilihat dari segi desain.

"Kalau secara design yang digunakan di motor tersebut (Honda PCX) bukanlah bentuk design knalpot Akrapovic," kata Kevin saat dihubungi VIVA di Jakarta, Senin 19 Februari 2018.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kemudian kata dia, setiap knalpot Akrapovic juga memiliki nomor seri unik pada bagian leher knalpot. Tak hanya itu, knalpot Akrapovic memiliki kode produksi yang melekat pada tiap kemasan kardus.

"Dan Akrapovic pun belum mengeluarkan knalpot untuk motor Honda PCX," ujarnya.

Masalahnya kata dia, pada knalpot yang digunakan Honda PCX versi modifikasi kala itu terpasang emblem Akrapovic. Padahal pabrikan Akrapovic di Slovenia belum memproduksi knalpot untuk Honda PCX terbaru.

"Banyak masyarakat yang bertanya tentang knalpot tersebut apakah sudah ready dan bisa dibeli. Makanya kami buat pernyataan kalau itu palsu," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya