Baru Saja Beli Kawasaki, Presiden Jokowi sudah Tergoda Motor Lain

Motor listrik Gesits yang digunakan untuk touring Jakarta-Bali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA – Skuter bertenaga listrik buatan anak bangsa, Gesits siap meluncur di Indonesia pada September 2018. Motor hasil kolaborasi Garansindo Grup dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ini sudah menggoda Presiden Joko Widodo.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Padahal, ia baru saja membeli satu unit sepeda motor berpenampilan klasik, yakni Kawasaki W175. Motor itu ia pesan saat berkunjung ke salah satu pameran otomotif beberapa waktu lalu.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengatakan, Jokowi telah memesan 50 unit skuter listrik tersebut. Yang rencananya akan digunakan untuk kebutuhan operasional.

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

"Presiden minta disiapkan 50 unit pertama, untuk digunakan di lingkungan Istana Negara," kata Nasir dalam rilis yang diterima VIVA, Rabu 8 Agustus 2018.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mencoba motor Gesits.Ia menjelaskan, proyek Gesits mendapat dukungan dari Jokowi. Bahkan, kata dia, peluncurannya telah ditunggu-tunggu oleh orang nomor satu di Indonesia itu.

5 Moge Listrik Keren yang Punya Performa Kencang

Nasir menampik, bahwa ada usaha menghambat proyek tersebut. Menurutnya, pemerintah terus mengawal proses industrialisasi skuter itu, agar bisa membanggakan dan setingkat dengan standar mutu internasional.

"Saya mendengar, ada regulasi-regulasi yang akan menghambat proyek Gesits. Ternyata, semua berjalan sesuai yang diharapkan," tuturnya.

Nasir berharap, nantinya pengisian baterai bisa dilakukan semudah mengisi bensin di SPBU. Caranya yakni dengan menyediakan baterai pengganti yang sudah terisi penuh.

"Saya akan berbicara dengan PT Pertamina sebagai penyedia jaringan energi. Ini untuk kemudahan penggunaan Gesits di tengah masyarakat," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya