Ini Bocoran Kawasaki Ninja Baru, Mesinnya Beda

Gambar rekaan Kawasaki Ninja listrik
Sumber :
  • Rushlane

VIVA – ?Kawasaki sudah tidak asing dengan teknologi kendaraan roda dua berenergi listrik. Tujuh tahun lalu, pabrikan asal Jepang ini pernah mengajukan paten e-bike, atau sepeda motor listrik.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Dilansir dari Rushlane, Selasa 26 Februari 2019, baru-baru ini mereka kembali mengajukan hak paten untuk desain motor baru. Pada gambar tersebut, terlihat desain dari sepeda motor yang menggunakan penggerak bukan dari mesin konvensional, melainkan dinamo listrik.

Uniknya, pabrikan yang dikenal dengan sebutan ‘Geng Hijau’ ini tidak memilih untuk mentransfer putaran dinamo langsung ke roda. Namun, menggunakan transmisi yang didesain khusus. Hal ini dilakukan, untuk mengurangi pemakaian daya listrik dari baterai.

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

Satu hal yang menarik, gambar paten yang diajukan memiliki saluran udara, mirip motor konvensional Kawasaki yang memiliki desain berorientasi balap, yaitu Ninja. Gambar tersebut kemudian diolah kembali menjadi sebuah sketsa oleh salah satu pemerhati dunia otomotif.

Asupan udara diposisikan di bawah lampu depan, dan mengarahkan udara dingin ke baterai. Tujuannya, menjaga agar baterai tidak mengalami panas berlebih saat digunakan.

5 Moge Listrik Keren yang Punya Performa Kencang

Beredar kabar, motor tersebut akan dipajang di pameran otomotif berskala internasional, EICMA 2019, yang akan digelar di Italia. Tapi, statusnya baru berupa konsep, dan belum berwujud produksi massal.

Sebagai informasi, teknologi listrik di sepeda motor kini bukan lagi hal yang baru. Sudah banyak produsen motor yang merancang, bahkan memproduksinya. Contohnya, Honda dengan PCX Electric dan Zero Motorcycle asal Amerika Serikat. (kwo)

Yadea Kemper RC

Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing

Yadea Kemper RC, sebuah motor listrik sport touring full-fairing yang baru saja diluncurkan di EICMA 2023, siap menggemparkan dunia otomotif dengan desainnya yang menawan

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024