Pasar Skutik Bongsor Tambah Ramai, Ada Pendatang Baru

Aprilia SR125.
Sumber :
  • Drivespark

VIVA – Ketika awal kemunculannya, Aprilia sempat dicitrakan sebagai pabrikan motor balap. Setelah sebelumnya memproduksi GP-RS bermesin 1.000cc, kini perusahaan otomotif asal Italia itu mulai menyentuh pasar skuter matik, dengan mengusung bodi bongsor bersilinder tunggal.

Viral Video Honda PCX Terbang Akibat Rem Blong

Uniknya, meskipun skuter tersebut masuk kategori maxi-scooter, namun kapasitas mesin yang tersemat di dalam motor tidak terlalu besar, yakni hanya 160cc. Bahkan, spesifikasi mesinnya masih mengadaptasi skuter mini garapan Aprilia sebelumnya, SR150, dengan kekuatan 10,25 bhp dan torsi 11,4 Nm.

Melansir laman Indianautos, Senin 25 Maret 2019, Aprilia Maxi-scooter ini akan diresmikan pada awal tahun 2020, dengan India sebagai negara Asia yang pertama kali mengenalkannya. Pemilihan negara berpopulasi 1,4 miliar tersebut sebagai tuan rumah peresmian motor di kawasan Asia bukan tanpa alasan. Sebab, selain pasar yang terus berkembang, sejauh ini India juga baru memiliki satu skuter matik berbodi bongsor, yakni Suzuki Burgman 125.

Parade Peluncuran Sepeda Motor Baru 2023: dari Skuter Listrik hingga Motor Gede

Selain itu, kerjasama Aprilia dan India tidak hanya terbatas pada penjualan saja. Kabarnya, maxi-scooter tersebut dirancang Aprilia berdasarkan riset yang dikerjakan oleh mekanik asal India. Infrastruktur yang berbeda, antara kota-kota di kawasan Eropa dan Asia, membuat kerjasama tersebut merupakan langkah yang tepat.

Sejauh ini, belum ada pengumuman resmi terkait penamaan produk skuter bongsor tersebut. Namun, selain telah memastikan tanggal peluncuran, Aprilia juga telah menyiapkan banderol harga untuk skutik barunya itu, yakni 90.000 rupee, atau sekitar 18,5juta rupiah saja. (kwo)

Perbandingan Diskon Skutik Bongsor Nmax dan PCX di IMOS 2023
Suzuki Burgman Street 125 EX

Ini Alasan Suzuki Burgman Street 125 EX Belum Pakai Keyless

Suzuki Burgman Street 125 EX resmi diluncurkan di Indonesia pada bulan November 2022 lalu. Sepeda motor matik bertubuh bongsor ini menawarkan berbagai fitur modern, seper

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024