Ribuan Maniak Motor akan Eksplor Pariwisata Lombok

Pantai Kuta, Lombok, Nusa Tenggara barat (NTB).
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar (Mataram)

VIVA – Pada 22 hingga 25 Juli 2019 mendatang, ribuan bikers akan berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kedatangan para maniak motor itu, dalam rangka Jambore Nasional Ikatan Motor Indonesia (IMI) 2019. Sebanyak 2.500 bikers se-Indonesia akan datang dan berkumpul di eks-Bandara Selaparang, Kota Mataram.

Cara Mudah Beli Apparel Premium di Bandung dengan Harga Miring

Terpilihnya Lombok sebagai lokasi pertemuan para bikers ini juga sekaligus sebagai upaya pemulihan pariwisata Lombok pascagempa 2018. Ketua IMI NTB, M Nur Haedin, menjelaskan IMI memiliki program yang mendukung pariwisata, sehingga dengan datangnya ribuan bikers diharapkan mampu mempromosikan kembali pariwisata Lombok pascagempa.

"IMI pusat melihat Lombok punya geliat pariwisata bagus sekali. IMI memiliki program berkaitan pariwisata. NTB menjadi pilihan karena tahun lalu ada bencana gempa sehingga mengganggu sektor pariwisata. IMI membantu recovery (pemulihan) pariwisata," ujarnya di Mataram.

Cara Mudah Dapatkan Diskon Aksesori dan Apparel Premium

Acara puncak dalam pertemuan bikers tersebut dipusatkan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, yang saat ini tengah bersiap menyambut pergelaran event MotoGP 2021. "Puncaknya di KEK Mandalika karena ada pesan strategis bahwa Mandalika naik daun karena event MotoGP," jelasnya.

Para bikers juga ditekankan yang memiliki akun media sosial dengan jumlah follower ribuan, sehingga dapat mempromosikan wisata di Lombok. Ketua Panitia Acara, Faurani Sibawai, menjelaskan di eks Bandara Selaparang titik kumpul bikers akan dihadirkan bazar aneka kuliner dan oleh-oleh khas Lombok, sehingga bisa bermanfaat pada masyarakat.

Kelompok Musik Anak-Anak The Minions Gelar Konser Amal Peduli Pendidikan di Lombok Utara

"Jamnas IMI momen paling pas buat NTB. Ouput juga dinikmati masyarakat dengan datangnya ribuan bikers," paparnya.

Selain bazar yang melibatkan pedagang lokal, acara juga akan dirangkai dengan festival musik, bakti sosial di masjid dan menanam pohon. Agus Panca selaku Sekretaris IMI NTB, acara tersebut juga dirangkai dengan acara time rally yang diikuti 50 tim. "Semua biker mempunyai kewajiban menanam satu bibit pohon," ucapnya.

Pada acara puncak akan digelar touring merah putih dari Kota Mataram menuju Mandalika, Lombok Tengah. Ribuan bikers akan terbagi melewati empat rute. Masing-masing rute adalah rute bypass, Sekotong Lombok Barat, Sembalun Lombok Timur dan tengah kota Lombok Tengah.

"Kita berharap mereka akan berkunjung kembali di NTB. Kita bekerja sama dengan travel agen untuk menawarkan harga khusus ke Lombok," ungkapnya. Koordinator Acara, Taufan Ardiansyah, juga menitip pesan bahwa acara tahunan ini sekaligus mengundang klub motor lainnya untuk bergabung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya