Bikin Honda BeAT Mirip Genio, Memangnya Bisa? - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 12 September 2019 | 12:04 WIB

Bikin Honda BeAT Mirip Genio, Memangnya Bisa?

Keduanya menggunakan mesin dengan kapasitas yang sama.
Honda BeAT.
Photo :
  • Astra Honda Motor

Honda BeAT.

VIVA – Untuk memeriahkan pasar skuter matik di dalam negeri, Honda menghadirkan motor baru yang diberi nama Genio. Bentuknya mungil, mirip dengan andalan mereka saat ini, yaitu Honda BeAT.

Keduanya juga menggunakan mesin yang serupa, yakni satu silinder berkapasitas 110cc. Namun, Genio dirancang menggunakan platform baru yang disebut enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF.

Menurut PT Astra Honda Motor sebagai produsen, rangka eSAF lebih ringan dari yang dipakai oleh BeAT. Alhasil, pengendalian jadi lebih baik dan nyaman dikendarai. Pemakaian bahan bakar juga diklaim lebih baik, karena bobotnya sedikit berkurang.

Meski spesifikasinya tidak jauh berbeda, namun ternyata para pemilik BeAT tidak bisa mengubah kuda besi mereka agar mirip Genio. Hal itu diungkapkan langsung oleh Technical Service Division AHM, Endro Sutarno.

Baca juga: Honda Genio Bisa Diubah Jadi Skuter Listrik

Antara Genio dan BeAT tidak bisa subsitusi komponen, karena benar-benar berbeda rancangannya. Rangka, mesin, CVT (transmisi), sampai lainnya itu beda,” ujarnya di Jakarta, Kamis 12 September 2019.

Tapi, Endro mengungkapkan, ada beberapa komponen kecil milik Genio, yang bisa diaplikasikan pada motor sejuta umat itu. Biasanya, komponen yang dimaksud adalah yang biasa diganti saat servis kendaraan.

“Kalau untuk komponen kecil-kecil, seperti ban, busi, aki, kampas rem, saringan udara, cakram depan, mungkin bisa saling pakai,” tuturnya.

Saksikan Juga

Duh! Honda Monkey & Super Cub Emang Bikin Ngiler

OTOMOTIF - 11 bulan lalu
loading...
Muat Lainnya...