Pakai Cara Ini, Ujian Praktik SIM C Dijamin Lulus - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 16 Oktober 2019 | 14:45 WIB

Pakai Cara Ini, Ujian Praktik SIM C Dijamin Lulus

Jangan lupa, tubuh harus luwes.
Praktik ujian pembuatan SIM di Polres Aceh Utara, Provinsi Aceh
Photo :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

Praktik ujian pembuatan SIM di Polres Aceh Utara, Provinsi Aceh

VIVA – Mendapatkan Surat Izin Mengemudi atau SIM bukan perkara mudah. Pengemudi kendaraan bermotor harus melewati serangkaian tes, mulai dari kesehatan, ujian teori hingga praktik mengemudi kendaraan.

Namun, tidak semua pemohon SIM bisa langsung berhasil melaluinya. Salah satu contohnya adalah Ahmad Farhan, pemohon SIM C yang viral, lantaran baru mendapatkannya setelah mengikuti ujian sebanyak delapan kali.

Kamu tentu tidak mau bernasib seperti Farhan kan? Nah, ada kok cara mudah untuk bisa lulus ujian praktik SIM C. Tentunya, bukan melalui jasa calo ya.

SIM C dibutuhkan oleh mereka, yang hendak mengendarai sepeda motor di jalan raya. Kunci utama dari ujian praktik SIM ini, adalah konsentrasi dan keseimbangan saat berada di atas kuda besi.

Dilansir dari laman Wahanahonda, Rabu 16 Oktober 2019, ada beberapa rintangan yang harus dilalui peserta. Mulai dari angka 8, zig-zag, hingga putar balik.

Zig-zag

Agar bisa melalui tahap ini dengan mudah, tubuhmu harus luwes. Bahu dan badan yang luwes akan membantu melewati rintangan. Bukaan gas jangan terlalu besar, agar tetap seimbang.

Jika kamu menggunakan motor bebek, gunakan gigi dua untuk berjalan, agar kecepatannya stabil dan akselerasi bisa terkendali.

Kalau menggunakan skuter matik, buka gas perlahan dan jaga gasnya supaya stabil. Jangan terlalu kencang, yang penting motor bisa jalan dan seimbang.

Angka 8

Rute angka 8 selalu jadi momok di ujian SIM. Sebagian besar peserta gugur di lintasan ini. Selain butuh keluwesan, kamu juga harus melakukan trik counter steering, yaitu memposisikan dudukmu di kiri ketika akan berbelok di kanan, dan duduk di sebelah kanan ketika berbelok di kiri.

Putar balik 

Putar balik atau u-turn akan sangat mudah dilalui, jika kamu sudah bisa melalui zig-zag dan angka 8. Jangan lupa, pakai teknik counter steering saat hendak berbelok.

 

loading...
Muat Lainnya...