Komponen Ini Rusak, Pemilik Honda PCX 150 Bakal Menderita

Honda PCX 150
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk menggunakan kendaraan dengan lebih aman dan nyaman. Salah satunya, kehadiran lampu model light emitting diode atau LED.

Daftar Harga Honda PCX Bekas, Modal Segini Bisa Bawa Pulang

Peranti ini mampu memberikan cahaya yang terang, namun dengan konsumsi daya yang lebih sedikit. Lampu LED ideal digunakan di kawasan perkotaan, karena dapat menerangi suasana yang gelap dengan maksimal.

Beberapa pemilik motor dan mobil keluaran lama, bahkan rela mengganti lampu bawaan kendaraan yang masih halogen dengan LED. Biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, untuk mobil mencapai jutaan rupiah.

Motor Honda Ini Bakal Langka di Diler

Beruntung, beberapa produk sepeda motor dan mobil sudah dibekali dengan teknologi ini. Salah satunya, sepeda motor Honda PCX 150.

Motor ini memakai dua bohlam LED di bagian depan. Lampu akan menyala secara otomatis, saat tombol untuk menghidupkan mesin diputar ke posisi on.

Tanpa Disadari Kebiasaan Sepele Ini Bikin Motormu Rusak

Pemilik tidak perlu khawatir arus listriknya akan membuat aki tekor, karena daya yang digunakan jauh lebih rendah dari bohlam halogen.

Namun, mereka perlu berhati-hati apabila mengalami kecelakaan, atau melakukan modifikasi yang berhubungan dengan sistem kelistrikan. Sebab, jika lampu LED PCX 150 rusak, maka biaya yang harus dikeluarkan cukup menguras kantong.

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di laman suku cadang Honda, diketahui bahwa lampu PCX 150 tidak bisa dibeli hanya bohlamnya saja, melainkan harus utuh dengan rumah lampunya.

Alasannya, LED dipasang sedemikian rupa sehingga tidak bisa dilepas dengan mudah. Jadi, apabila lampunya mati atau rumah lampunya rusak, maka harus diganti satu kesatuan.

Rumah lampu tersebut memiliki kode 33100K97N01, dan dijual dengan harga Rp2,65 juta. Namun, ada juga toko aksesori yang menawarkannya dengan banderol lebih dari Rp3 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya