Ada yang Janggal dari Motor Kesayangan Jokowi

Presiden Jokowi naik motor custom ke perbatasan negara
Sumber :
  • Instagram @jokowi

VIVA – Nama Presiden Jokowi tidak lepas dari dunia otomotif. Saat menjabat sebagai Wali Kota Solo, ia menjadi salah satu pihak yang mempromosikan produk mobil buatan dalam negeri, Esemka.

Hari Lebaran Kedua, Prabowo dan Didit Kunjungi Jokowi Lagi di Istana

Setelah resmi menghuni Istana Negara, Jokowi kerap tertangkap kamera sedang asyik menikmati salah satu hobinya, yakni mengendarai sepeda motor.

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id, Jumat 27 Desember 2019, Jokowi memiliki dua sepeda motor. Yang pertama adalah model chopper, yang ia beli dari pameran.

Budiman Sudjatmiko Sebut Jokowi Berpeluang Jadi Penasihat Khusus Prabowo-Gibran

Motor tersebut dibangun dengan basis dari Royal Enfield Bullet 350. Pembuatnya adalah bengkel Elders Garage, yang bekerja sama dengan Kick Ass Custom.

Data sepeda motor Presiden Jokowi

Kata Budi Arie soal Hubungan Jokowi dengan Prabowo Renggang: Jangan Adu Domba!

Kemudian, Jokowi kembali membeli sepeda motor. Kali ini, ia menjatuhkan pilihan pada Kawasaki W175. Sama seperti motor pertamanya, kuda besi berpenampilan klasik itu masuk ke bengkel modifikasi, dan keluar dalam wujud yang sama sekali berbeda.

Beberapa kali, Kawasaki yang sudah disulap menjadi motor bobber itu dikendarai Jokowi ke berbagai acara. Mulai dari meninjau perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kalimantan, hingga berkeliling Jakarta bersama putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

Presiden Jokowi mengendarai motor chopper ke Pelabuhan Ratu.

Namun, ada yang janggal dari motor berkelir hijau itu. Berdasarkan data dari Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Polda Metro Jaya, W175 milik Jokowi terdaftar sebagai sepeda motor pertama, sehingga tidak dikenakan pajak progresif.

Hal itu justru memunculkan pertanyaan, siapa pemilik motor chopper berkelir emas yang dibeli Jokowi? Dari pelat nomornya, tidak diketahui di wilayah mana motor itu terdaftar. Beberapa petugas polisi yang sempat ditanya oleh kami, juga enggan menjelaskan status dari motor tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya