Biasa Bikin Kain Lap untuk Pabrik Motor, Usaha Ini Jadi Alih Fungsi

Pekerja di kelompok usaha tak lagi membuat kain lap, tetapi membuat masker kain.
Sumber :
  • dok. AHM

VIVA – Banyak kegiatan yang berubah setelah adanya pandemi COVID-19 di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Salah satunya adalah kelompok usaha yang biasanya memproduksi kain lap serbaguna, untuk disalurkan ke pabrik sepeda motor.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Kini, Kelompok usaha bernama Kalihurip Satu Hati (KSH) yang biasa  memenuhi kebutuhan industri, termasuk untuk PT Astra Honda Motor, beralih tugas membuat masker. Cara ini dilakukan melihat kebutuhan masker kain yang semakin meningkat.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk mengenakan masker pada saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini sesuai dengan arahan badan kesehatan dunia atau WHO yang menyarankan penggunaan masker kain.

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Melihat kondisi ini, KSH yang beranggotakan delapan perempuan dari desa Kalihurip, Karawang, Jawa barat, memutuskan untuk memproduksi masker kain mulai April 2020. Tak hanya itu, mereka juga berinisiatif mengembangkan ketrampilannya untuk warga sekitar.

Baca juga: Pemotor Bonceng Tiga Tetapi Bukan Bawa Penumpang, Bikin Heboh Warganet

Jamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Diimbau Gunakan Masker selama Bulan Ramadhan, Ada Apa?

“Awalnya kami membuat kain lap serba guna, dikirim ke pabrik-pabrik. Melihat adanya kebutuhan warga dan harga masker kain yang cukup tinggi di pasaran, kami berinisiatif membantu penyediaan masker kain, terutama untuk warga desa Kalihurip," ujar Lilis Solihat, Ketua KSH dalam keterangannya Senin 13 April 220.

Kelompok usaha KSH itu, mampu memproduksi empat ribu lembar masker kain, yang bisa digunakan warga desa saat pandemi virus Corona. Jumlah produksi masker diharapkan terus bertambah, sesuai dengan permintaan pasar.

Untuk mendukung kelancaran kerja KSH, produsen sepeda motor AHM pada tahun lalu menghibahkan tujuh unit mesin jahit untuk produksi kain lap, dan kini digunakan oleh para pekerja untuk memproduksi ribuan masker kain

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, intuk mengembangkan usaha, AHM membekali mereka dengan pelatihan dasar menjahit, pelatihan organisasi hingga pengetahuan mengenai kewirausahaan

“Kami mengapresiasi dan mendukung penuh inisiatif kartini-kartini dari Karawang ini. Dengan berbagai keterbatasannya, mereka peduli dengan kondisi warga sekitarnya," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya