Mengenal Jisel, Kartini Modern yang Doyan Banget Touring

Aksi 'Kartini Moderen' Eleonora Ajisela Agrippina menunggangi sepeda motor
Sumber :
  • dok. Royal Enfield

VIVA – Raden Ajeng Kartini dikenal sebagai sosok perempuan Jawa yang berhasil memperjuangkan kesetaraan kaum hawa. Di zamannya, menjadi perempuan memang bukan perkara mudah, lantaran memiliki banyak aturan dan batasan yang dipatuhi dalam kehidupan sehari-hari.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

Hingga kini, jasa dan perjuangan Kartini selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia. Bahkan pada tanggal 21 April setiap tahunnya, diperingati khusus untuk mengenangnya. Hingga kini, semangat 'Kartini' terus berkembang di Tanah Air.

Tak hanya mereka yang bekerja di bidang profesional, perempuan Indonesia yang berhasil menaklukan pekerjaan atau aktivitas kaum adam pun bisa dikategorikan sebagai Kartini masa kini. Salah satu contohnya, Eleonora Ajisela Agrippina.

Empowerment Dikawinkan Wastra, Tersaji Apik di IFW 2024

Ya, perempuan ini sejak 2005 sudah membuktikan keahliannya menunggangi sepeda motor. Dia bahkan berhasil menaklukan touring jarak jauh di Pulau Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, Kalimantan, sampai ke Pulau Timor.

Baca juga: Larangan Mudik, Pengusaha Bus Terancam 'Gantung Kendaraan'

Selamat! Pranata Humas BRIN Terpilih Jadi Kartini Humas Indonesia

Perempuan yang akrab disapa Jisel itu mengatakan, kaum Hawa dapat menaklukan medan berat,memiliki kemampuan bermotor, dan melewati rintangan yang sama seperti kaum Adam.

"Mari ingat perjuangan Kartini dan pahlawan perempuan lainnya yang di masanya pun berusaha menepis stigma. Jadilah seorang Kartini hebat dan tangguh di masa sekarang dengan caramu sendiri," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu 22 April 2020.

Eleonora Ajisela Agrippin melakukan touring bersama komunitas motor

Diketahui, Jisel bergabung dengan para pengendara Royal Enfield lainnya dalam Tour of Indonesia 2020. Tahun ini, perjalanan dimulai dari Bogor dan berakhir di Bali, melewati rute Pesisir Selatan dengan jarak tempuh total 1.400 kilometer.

Menurut Jisel, rute yang dilewati selama perjalanan touring tersebut sangat menguji ketahanan motor, serta kemampuan orang yang mengendarainya, terutama saat rombongan melakukan pejalanan di rute ‘Deandles’ dari Tasikmalaya menuju Jogjakarta.

Touring, menurutnya, merupakan ajang pembuktian diri, bahwa dia mampu melakukan hal-hal yang dianggap ekstrim dan melelahkan,bukan hanya bagi perempuan, namun bagi laki-laki sekalipun. Dalam touring tersebut, Jisel ditemani sepeda motor Royal Enfield Himalayan.

Aksi Eleonora Ajisela Agrippina mengendari motor

"Selama touring, saya banyak dibantu oleh teman satu group dan masyarakat setempat," tuturnya.

Sementara itu, Head of Business- APAC Region, Vimal Sumbly mengatakan, di berbagai negara yang menjadi tempat pemasaran Royal Enfield terdapat banyak komunitas dengan lady rider yang menikmati pengalaman berkendara yang sesungguhnya.

"Khususnya pada peringatan Hari Kartini, saya ingin menyampaikan bahwa kami sangat mendukung para lady rider di Indonesia melalui berbagai kegiatan," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya