Jangan Kaget, Segini Harga Resmi Kawasaki Ninja 250 4 Silinder

Kawasaki Ninja 250 empat silinder
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Awal tahun ini, Kawasaki memberi kejutan untuk para penggemar motor sport di dunia. Mereka menghadirkan Ninja 250 edisi terbaru, yang mendapat banyak perubahan.

Enaknya Jadi PNS, Baru Masuk Kerja Setelah Lebaran Dikasih Motor Baru

Hal paling berbeda pada motor bermesin 250cc itu dari versi lama, yakni penambahan jumlah silinder sebanyak dua buah. Artinya, kini kuda besi dari Geng Hijau itu memiliki konfigurasi empat silinder.

Baca juga: Kembali Sindir Motor Rp2,5 M Jokowi, Roy Suryo: Jangan-jangan Beda

Terpopuler Otomotif: Motor Baru Honda Lebih Irit dari BeAT, Efisiensi Bahan Bakar Hyundai

Keuntungan yang didapat, putaran mesin jadi lebih tinggi dari sebelumnya. Kini, mesin Ninja 250 bisa dipacu hingga putaran mesin lebih dari 16 ribu rotasi per menit.

Saat diuji coba oleh dua pembalap Kawasaki, Jonathan Rea dan Alex Lowes di sirkuit Jerez, Spanyol, tampak motor bisa mencapai kecepatan 160 kilometer per jam hanya dengan menggunakan gigi lima. Suara yang dihasilkan mesin terdengar sangar, gabungan antara nada bass dan lengkingan putaran mesin tinggi.

Sepeda Motor Baru Royal Enfield Ini Harganya Rp50 Jutaan

Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R

Motor ini juga dikabarkan sudah mulai masuk proses produksi, yang dilakukan di Indonesia. Namun, prosesnya melibatkan tiga negara. Pabrik di Jepang bertugas memproduksi sebagian besar komponen mesin dan elektronik, lalu kemudian dikirim ke Thailand. Di Negeri Gajah Putih, komponen itu dirakit sehingga menjadi mesin utuh.

Dari Thailand lalu dikapalkan ke pabrik PT Kawasaki Motor Indonesia yang ada di Cikarang, Bekasi, untuk dirakit menjadi unit sepeda motor. Pabrik ini juga bertugas memproduksi suspensi, yang sebagian dikirim ke Thailand.

Dikutip VIVA Otomotif dari Rushlane, Rabu 10 Juni 2020, sedianya motor ini akan diluncurkan pada April kemarin. Namun, wabah COVID-19 membuat semua rencana berantakan. Meski demikian, sepertinya jadwal baru tak lama lagi akan segera diinformasikan.

Sebab, pihak Kawasaki di Selandia Baru telah mengumumkan banderol resminya. Harga motor yang memiliki nama asli ZX-25R ini adalah NZD15.990, atau sekitar Rp147 juta. Tapi, jangan kaget dulu, karena motor tersebut statusnya didatangkan dari Indonesia, jadi wajar jika harganya menjadi mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya