Detik-detik Polisi Dubai Jatuh Terbalik Saat Uji Coba Motor Terbang

Uji coba motor terbang.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Uji coba motor terbang terus dilakukan saat ini sejak mulai dikenalkan di dunia pada 2017 lalu. Dengan harapan nantinya, kendaraan anti macet ini dapat menjadi salah satu bagian dari kehidupan masyarakat di masa depan.

Gagalkan Pemberangkatan, Kemnaker Amankan 8 Pekerja Migran Nonprosedural di Bandara Soetta

Namun, beradaptasi mengendarai motor terbang atau hoverbike bukanlah hal yang mudah. Sebab, pengendara harus benar-benar mencapai di titik keseimbangan tinggi saat mengendarainya. 

Tidak seperti motor di jalan, yang jika tak seimbang bisa terjatuh ke kanan atau ke kiri. Bila mengendarai motor terbang, pengendara bisa juga nyusruk atau terbalik apabila tidak seimbang dan jatuh dari udara. 

24 Jam Singgah di Dubai Setelah Umrah, Bisa ke Mana Aja?

Hal itu pun kejadian baru-baru ini di Dubai, Uni Emirat Arab. Seorang polisi setempat, jatuh saat baru saja terbang menggunakan hoverbike

Dikutip dari The Drive, Kamis 11 Juni 2020, sebuah video yang menunjukkan peristiwa itu. Video itu pertama kali diunggah produsen hoverbike, Hoversurf, sebelum akhirnya dihapus di akun resminya. 

Aturan Baru UEA Selama Bulan Ramadan, Jam Kerja Dikurangi 2 Jam Hingga Fasilitas Parkir Gratis

Meski demikian video itu sudah terlanjur tersebar salah satunya di akun Youtube Videokings. Kecelakaan uji coba hoverbike riding Dubai itu pun heboh di dunia maya. 

Dalam video itu, sang polisi menggunakan Hoversurf S3. Motor terbang itu pada dasarnya berbentuk seperti sebuah drone besar yang dapat ditumpangi orang. 

Saat mulai mengudara, sang polisih langsung melesat ke ketinggian 100 kaki atau sekitar 30 meter dari tanah. Setelah itu, dia pun kehilangan kendali dan turun dengan cepat pula. 

Sebelum menghantam daratan, dia pun nampak bisa sedikit mengendalikan kecepatan turun. Meski demikian, motor terbang itu pun menjadi terbalik ke belakang menimpa sang polisi tersebut. 

Baca juga: PSBB Transisi Boleh Bawa Penumpang, Ojol: Siapa yang Diangkut

Hoversuft mengungkapkan, kecelakaan itu terjadi karena kegagalan mekanis. Di situs resminya, mereka menjelaskan bahwa ketinggian aman S3 adalah di kisaran 16 kaki.

Insiden itu pun diketahui tak menyebabkan sang polisi cidera. Beruntung, meskipun tertimpa hoverbike dia bisa menempatkan diri jatuh di posisi yang aman.

"Semua sistem keselamatan bekerja dengan baik, dan pilot tidak terluka. Keselamatan adalah perhatian utama kami. Berkat insiden seperti itulah desain kami menjadi lebih aman," kata Hoversurf. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya