Skuter Matik Semakin Perkasa di Indonesia

Pameran sepeda motor.
Sumber :
  • Honda

VIVA – Penjualan motor masih mendominasi industri otomotif di Indonesia. Hal ini terlihat dari angka penjualannya, yang terus naik meski negara masih dilanda pandemi COVID-19.

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, dikutip VIVA Otomotif Rabu 26 Agustus 2020, angka distribusi sepeda motor secara nasional langsung mengalami penurunan saat pembatasan sosial berskala besar mulai diterapkan.

Pada April, jumlahnya turun 77 persen menjadi 123.782 unit. Demikian juga di bulan berikutnya, angka pengiriman unit semakin parah. Sepanjang Mei, total sepeda motor yang dikirim ke diler hanya 21.851 unit, turun hingga 82 persen.

Terpopuler: Pemotor yang Mudik akan Dikawal, 2 Motor Baru Honda di Indonesia

Baca juga: Mau Beli Motor Gesits? Lihat Dulu yang Ini

Untungnya, di bulan berikutnya angka distribusi kendaraan bermotor roda dua di Indonesia mengalami peningkatan. Pada Juni, sebanyak 167.992 unit dikirim ke diler, naik 660 persen dari bulan sebelumnya.

Naik Motor Honda di Miniatur Alas Purwo Bernuansa Mistis, Berani Coba?

Penjualan motor kembali menunjukkan peningkatan pada Juli tahun ini. Sebanyak 292.205 unit dikirim dari pabrik ke diler, jumlah tersebut naik 73 persen dari bulan sebelumnya.

Dengan hasil tersebut, maka selama 7 bulan pada tahun ini ada 2.178.694 unit motor yang diproduksi dan dipasarkan di dalam negeri. Tahun lalu, angkanya mencapai 3.753.271 unit.

Dari semua motor yang dipasarkan, tipe skuter matik semakin mendominasi pasar. Data per Juli 2020 menunjukkan, bahwa jumlah motor yang jadi favorit masyarakat Indonesia itu 88,2 persen dari total kuda besi yang terjual.

Angka itu naik dari bulan lalu, yang tercatat 87,9 persen. Sementara, pangsa pasar motor sport turun 0,1 persen dari bulan lalu, dan motor bebek atau underbone juga mengecil 0,2 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya