Skutik Terlaris di Dunia Ini, Disulap Jadi Kendaraan Listrik

Alitt Susanto dan Atenk 'Katros Garage' memodifikasi Honda BeAT jadi EV
Sumber :
  • Instagram @katrosgarage

VIVA – BeAT menjadi salah satu produk yang ditawarkan Honda di Indonesia. Sejak diluncurkannya pada 2008, skuter matik berperawakan mungil itu banyak dipakai masyarakat untuk menemani beragam aktivitasnya.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Dari pertama kali diluncurkan, penjualan Honda BeAT ini sudah mencapai 17 juta unit. Bahkan, pemasarannya bukan hanya dilakukan di dalam negeri, tetapi juga ke luar negeri dalam bentuk utuh maupun komponen.

Dalam kondisi standar, skutik ini mengusung mesin berkapasitas 110cc berbahan bakar bensin, serta dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis CVT (Continous Variable Timming) sebagai penyalur tenaga ke roda belakang.

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Honda BeAT ternyata menarik perhatian builder Tanah Air, Katros Garage berkolaborasi dengan Alitt Susanto, merombaknya secara menyeluruh. Skutik buatan lokal itu dikonversi menjadi kendaraan bermotor listrik, untuk penggerak utamanya.

Baca juga: Toyota Hilux Berbodi Mulus Dijual Rp50 Juta di Bandung, Ada Tapinya

Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

"Jadi ini kami ubah semua, termasuk juga bodinya, karena kalau convert-nya enggak seluruh akan ada bagiannya yang kosong," ujar Alitt Susanto, dalam konfrensi pers online, belum lama ini.

Modifikasi skuter matik Honda menjadi kendaran listrik itu, dibekali baterai berkapasitas 60 Volt dengan kekuatan arus listrik 20 Ampere dari basis baterai bawaan 18650 mAh. Dengan jantung penggerak baru itu, motor ini mampu menempuh jarak 90-100 km untuk sekali pengisian baterai.

Untuk pengisian baterai tersebut, dibutuhkan waktu hingga 4,5 jam dari kondisi kosong. Untuk memaksimalkan keamanan saat mencharge, dipasang fitur autocut yang bisa memutus arus listrik saat baterai sudah terisi penuh.
Skuter matik Honda BeAT yang disulap jadi kendaraan bermotor listrik

"Ubahan lainnya juga ada di bagian kaki-kaki, sudah diubah pakai model Banana Arm. Untuk dana yang dihabiskan sekitar Rp20 juta, karena ini kan project perdana. Nantinya motor ini akan jadi giveaway di acara Indonesia Modification Expo (IMX) 2020," paparnya.

Selain skutik BeAT versi listrik, ada juga Suzuki Ignis 'Time Attack' hasil modifikasi Garasi Drift, untuk dijadikan giveaway di acara yang dihelat pada 10 Oktober 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya