Bule Prancis Siap Keliling Indonesia Pakai Motor Listrik

Alain bersama motor listrik yang akan digunakan keliling Indonesia.
Sumber :
  • Zero Motorcycles

VIVA.co.id – Seorang fotografer alam dan pembuat film dokumenter, Alain Compost, dalam waktu dekat siap melakukan aksi keliling Indonesia dengan menggunakan sepeda motor listrik. Alain bakal melakukan aksinya seorang diri alias solo riding dengan menempuh perjalanan lebih dari 6.000 kilometer.

Kisah Unik Pria Manado Kelilingi Dunia dengan Sepeda Motor

Alain Compost merupakan seorang pria asal Prancis yang bermukim di Bogor dan telah tinggal di Indonesia sejak 1975. Nantinya, 'karya' perjalanan Alain bakal disiarkan oleh National Geographic.

Menurut Alain, dia akan menggunakan sepeda motor listrik, Zero DS (Dual Sport), yang didukung dari PT Garansindo Technologies --Agen Pemegang Merek (APM) Zero Motorcycles di Indonesia.

Pria Manado Bakal Kembali Beraksi Kelilingi Dunia

Nantinya, Alain akan melakukan pengambilan video dan foto serta melakukan wawancara dengan penduduk di pelosok Indonesia untuk melihat perkembangan Indonesia serta mengabadikan keindahan alam di Tanah Air.

“40 Wild Years (tema yang diusung) di Indonesia ini memperingati 40 tahun saya tinggal dan bekerja di Indonesia. Saya berencana untuk meninjau kembali masyarakat, cagar alam, pertanian dan perikanan, dan juga apa yang tersisa dari hutan tropis yang menjadi bagian penting dari kehidupan profesional dan pribadi saya,” ujar Alain Compost, Senin, 2 Mei 2016.

VIDEO: Aksi Nyentrik Biker di Atas Motor, Duduk Menyamping

Menurutnya, dia bakal melakukan perjalanan mulai Juni 2016 mendatang yang diawali dari Kota Medan, Sumatera Barat. Sepanjang perjalanan, Alain Compost akan diberikan dukungan berupa flying mechanic yang akan diterbangkan ke lokasi beserta dengan suku cadang yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan atau pun perbaikan terhadap motor yang digunakannya.

“Sepanjang perjalanan ini, saya akan meminta dukungan dari Pemerintah Daerah di setiap provinsi dan kabupaten untuk kebutuhan perjalanan ini, seperti izin untuk mengambil gambar dan video, bertempat tinggal selama melakukan dokumentasi serta untuk melakukan pengisian ulang baterai motor listrik yang saya gunakan," kata Alain.

Sementara itu menurut Managing Director Zero Motorcycles, Dhani Yahya, motor yang digunakan Alain merupakan motor yang dirancang dengan kemampuan tinggi di trek jalanan aspal hingga konsumsi medan off-road ringan. "Tidak salah bila Alain Compost memilih Zero Motorcycles DS untuk mengawal perjalanannya.” Ujar Dhani Yahya.

Sekadar diketahui, Zero Motorcycles DS yang digunakan oleh Alain Compost memiliki mesin listrik dengan tenaga maksimal 54 horse power dan torsi 92 Newton meter dan mampu untuk berakselerasi dari 0 sampai 100 kilometer per jam dalam waktu 5,7 detik, serta jarak tempuh lebih dari 200 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya