RI Jadi Basis Produksi Honda CBR250RR, Kok Bisa?

Honda CBR250RR diproduksi di pabrik AHM Karawang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id - Proses panjang kelahiran Honda All New CBR250RR akhirnya sudah memasuki tahap akhir.

Gagahnya Mobil Fortuner, Sampai Nasib Honda CBR250RR di Indonesia

Setelah beberapa bulan yang lalu diluncurkan, PT Astra Honda Motor secara resmi mengumumkan, motor sport fairing itu akan diproduksi di pabrik AHM Karawang, Jawa Barat.

Lantas, apa alasan Indonesia dipilih jadi basis produksi CBR250RR?

Honda Recall CBR250RR Versi Jepang, yang Dijual di Indonesia Gimana?

Presiden Direktur Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma menyatakan, Indonesia merupakan negara yang dianggap mampu memproduksi motor model sport 250cc, setelah Jepang. Alasannya, pasar motor 250cc di dalam negeri hampir sama larisnya seperti di Jepang.

"Untuk Indonesia, pasar sport cukup banyak diminati konsumen, satu kesamaan dengan Jepang. Sementara itu, apabila diproduksi di Jepang, tentu akan membuat harganya lebih tinggi dari sekarang," kata Inuma di Jakarta.

Daftar Diskon Motor Baru Honda Juni 2020, Ada yang Sampai Rp7,5 Juta

Selain itu, Inuma mengatakan, saat ini pasar Jepang sudah mulai mengerucut ke segmen yang lebih besar, seperti CBR1000RR dan RCV.

Keputusan All New Honda CBR250RR agar dirakit dan dipasarkan di Indonesia, membawa AHM ke posisi satu tingkat lebih tinggi sebagai produsen kendaraan roda dua.

"Satu juga pemikiran alih teknologi dari Jepang ke Indonesia, menjadikan AHM setingkat lebih tinggi di pasar Indonesia," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya