Jangan Asal Pakai Motor Trail Buat Harian

Motor trail Honda CRF 250
Sumber :
  • Onlymotorbike

VIVA.co.id – Sepeda motor jenis trail dirancang khusus untuk melintas di jalur off-road. Namun seiring waktu, motor tersebut sering kali digunakan sebagai transportasi sehari-hari di dalam kota.

Gagahnya KTM Duke 890 GP dengan Livery MotoGP

Karena tidak didesain untuk jalur beraspal, motor trail yang digunakan untuk harian bakal mengalami kerusakan pada bagian bannya.

Pemilik Caos Custom Bike, Lery Rahmat Rizky menyarankan, bila pemilik ngin menggunakan motor trail  untuk harian, baiknya mengganti ban standar dengan ban khusus aspal, layaknya motor tipe supermoto.

Pejabat Ini Bikin Baju Istrinya Sobek Karena Pakai Motor Trail

"Kalau mau nyaman dan aman, ganti ban bawaan dengan ban supermoto," kata Lery kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu, 23 November 2016.

Alasan ban motor trail kurang ideal untuk melintas di jalur aspal adalah karena desain tapaknya dibuat lebih dalam. Hal itu dilakukan agar ban bisa tetap mencengkeram tanah.

Tips Bersihkan Rantai Motor Trail yang Sering Dipakai Trabasan

Bila digunakan di jalan raya, tapak ban yang bersentuhan dengan aspal hanya sedikit, sehingga kestabilannya berkurang.

"Kalau pakai ban supermoto, buat harian aman, karena enggak licin. Standar ukuran ban supermoto, buat depan pakai 110 dan belakang 130. Itu misalnya kalau mau ganti ban motor Kawasaki KLX 150," ungkap dia.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022