Menaklukkan Pasir Berbisik dengan Kawasaki Versys-X 250

Kawasaki Versys-X 250
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – PT Kawasaki Motor Indonesia resmi meluncurkan motor baru di kelas touring dan adventure, Versys-X 250, akhir November 2016 lalu.

Selain Mobil, Pengunjung GIIAS Juga Bisa Jajal Motor Listrik

Diklaim mampu menaklukkan beragam medan, VIVA.co.id berusaha membuktikannya dengan cara menguji di wilayah Gunung Bromo, Jawa Timur.

Perjalanan dimulai dengan melalui jalan aspal bergelombang. Tekstur jalan yang tidak rata serta jalanan menikung dan banyaknya lubang menjadi tantangan tersendiri.

Test Royal Enfield Meteor 350: Cocok untuk Pemotor Tak Takut Istri

Memiliki dua pilihan, yakni City Version sebagai tipe standar dan Tourer Version dengan aksesori dan perangkat keselamatan lengkap, membuat perbedaan berat keduanya terasa jelas. 

Memiliki berat hingga 184 kilogram, versi Tourer ternyata tetap nyaman digunakan, meski postur tubuh pengendara tidak terlalu besar. Dengan berat 45 kg dan tinggi 167 sentimeter, pengendara mampu mengendalikan motor saat harus menghempas jalan meninkung dan bergelombang. 

Mencari Tahu Spesialnya Skuter Matik Honda Scoopy Terbaru

Aksesori seperti lampu kabut, pelindung mesin serta boks samping membuat motor ini terlihat gagah saat melaju. Namun, pengendara harus lebih berhati-hati saat hendak mendahului, karena adanya boks di sisi kiri dan kanan motor.

Berbekal mesin 250cc dua silinder, pengendara mampu mencatatkan kecepatan rata-rata 80 kilometer per jam dengan kondisi jalan menikung dan bergelombang. Mampu menampung bahan bakar hingga 17 liter, motor ini sangat cocok digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. 

Meski hanya memiliki kesempatan berkendara selama setengah jam, namun pengendara tidak memiliki kesulitan berarti saat memacu Versys-X 250 versi Tourer, meski harus memutar balik dengan kondisi jalan tidak rata.

Selain di jalan beraspal, VIVA.co.id juga memiliki kesempatan untuk menjajal Versys-X250 versi City di Pasir Berbisik, Bromo. Memiliki berat lebih ringan sekitar 10 kg, motor dapat dengan mudah dikendalikan menyusuri jalan berpasir serta penuh dengan kendaraan serta kuda.

Salah satu penunjang kestabilan motor ini adalah penggunaan ban yang cukup lebar, yakni 100/90-19 (depan) dan 130/80-17 (belakang).

Memiliki mesin sama dengan Ninja 250, motor ini diklaim mampu menciptakan tenaga besar sejak putaran mesin rendah hingga tengah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya