Cuci Motor MV Agusta 'Haram' Disemprot, Wajib Tahu

MV Agusta F4 RC
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id –  Ternyata bukan hanya Honda CBR250RR saja yang tidak boleh dicuci sembarangan. Motor-motor besar seperti MV Agusta juga punya pantangan itu saat dibersihkan. Pasalnya, motor gede buatan MV Agusta juga mengandalkan teknologi sensor atau disebut drivei MV Agusta by wire.

MV Agusta Superveloce Dinobatkan Sebagai Motor Terindah

Menurut komunitas MV Agusta Owner Club Indonesia (MVOCI), motor MV Agusta memang tidak boleh dicuci sembarangan termasuk dengan cara menyemprotkan air langsung. Sebab, hal itu akan menyebabkan kerusakan sensor throttle yang sangat penting untuk mengatur buka tutup gas.

"Karena beberapa kasus kerusakan yang terjadi disebabkan karena mereka tidak mengetahui nyucinya. Padahal sensor throttle yang disamping konsol sensitif jika disemprot air akan rusak terlebih tekanan airnya itu pakai hidrolik seperti di full steam," kata Febby Sagita, Presiden Mvoci.

Lanjut dia, jika air masuk ke dalam sensor tentu Engine Control Unit (ECU) akan memberi tanda bahwa throttle control error. Kalau sudah begitu, menurutnya, saat buka gas motor gede (moge) asal Italia ini enggak akan memiliki tenaga alias kosong.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur? Apa yang harus dilakukan? "Biasanya hanya dikeringin atau di semprot kompresor agar sensor throttle tidak tertutup air," kata Febby.

Ada Moge Rp80 Jutaan Buatan Bali
Daihatsu All New Xenia.

Konsumsi BBM Xenia Baru, dan Penantang Fortuner Pecahkan Rekor

Berita konsumsi BBM Xenia baru dan penantang Fortuner pecahkan rekor, jadi terpopuler di VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2021