Melihat Spesifikasi RFS150i, Motor yang Sangat Mirip MX King

Benelli RFS150i.
Sumber :
  • Paultan

VIVA.co.id – Baru-baru ini dunia otomotif roda dua dibuat heboh dengan kehadiran penantang Honda RS150 alias Supra GTR dan Yamaha Y15ZR alias MX King. Motor itu adalah Benelli RFS150i, yang datang dengan wujud mirip sekali dengan Yamaha MX King.

Yamaha MX King dengan Ubahan Baru Harganya Rp24 Jutaan

Peluncuran sendiri sejauh ini baru dilakukan di Malaysia. Motor ini memang sengaja dihadirkan untuk merecoki dua kompetitornya yang telah lebih dahulu mengaspal, dan diminati pasar Malaysia. Benelli RFS150i merupakan garapan produsen asal Italia yang kini berkolaborasi dengan perusahaan China bernama Qianjiang Group.

Seperti dilansir media otomotif Malaysia, Mekanika, Kamis 6 April 2017, motor ini ditawarkan dengan harga 7.407 ringgit Malaysia atau setara Rp22,2 jutaan (kurs Rp3.010 per RM). Ada tiga pilihan warna yang disiapkan Benelli, yakni kuning, merah, dan biru.

Motor Baru Honda Meluncur Besok, Mesinnya Bikin Yamaha Gerah

Pemegang merek Benelli di Malaysia, Mforce Bike Holdings menyatakan, diharapkan motor ini dapat terjual sesuai target sebanyak 1.000 unit per bulannya. Lantas bagaimana spesifikasinya?

Laporan menyebut mesin yang digunakan berkapasitas 149,8 cc, SOHC, enam-percepatan. Mesin tu cukup untuk menandingi dua lawannya, MX King dan Supra GTR, di mana RFS150i dapat memproduksi tenaga 15,5 daya kuda (dk) pada 8.500 rpm dan torsi 13 newton meter (nm) pada 7.000 rpm.

Yamaha MX-King Dapat Baju Baru Edisi Balap, Cek Harganya

Menariknya, Benelli RFS 150i menggunakan tiga busi sekaligus pada kepala silindernya. Fungsinya untuk menghasilkan tenaga optimal, efisiensi bahan bakar, serta mengurangi emisi. Mesin kemudian disalurkan melalui melalui gearbox enam-percepatan.

Soal pengereman, Benelli RFS150i mengandalkan cakram hidrolik pada bagian depan dan belakang. Bagian depan menggunakan cakram berukuran 240 milimeter dengan kaliper dua piston, sementara belakang dibekali cakram 220 mm dengan kaliper satu piston. Suspensi depan motor ini sudah ditanamkan model upside down, sedangkan belakang andalkan suspensi monoshock. Pada bagian ban, digunakan ukuran 70/90 pada bagian depan dan 120/70 di belakang.

Untuk dimensi, jarak sumbu roda tercatat 1.325 mm, dan jarak terendah ke tanah 160 mm. Tinggi tempat duduknya 787 mm, dan berat motor adalah 115 kilogram. Kapasitas tangki bahan bakarnya sendiri seira 4,8 liter.

Berikut spesifikasinya:

Dimensi

Jarak Sumbu Roda  = 1.325 mm

Jarak terendah ke tanah = 160 mm

Tinggi tempat duduk = 787 mm

Berat = 115 kg

Kapasitas tangki bahan bakar = 4,8 liter

Rangka

Rangka = Straddle

Suspensi depan = Upside down

Suspensi belakang = Monoshock

Ban Depan = 70/90-17

Ban Belakang = 120/70-17

Rem Depan = Cakram hidrolik 240 mm 2 piston

Rem Belakang = Cakram hidrolik 220 mm 1 piston

Mesin

Mesin = 4 langkah, SOHC, 4-valve, 3 spark, Electronic Fuel Injection

Kapasitas Mesin = 149.8 cc

Diameter X Langkah = 57 x 58,7 mm

Perbandingan Kompresi = 11,3:1

Daya Maksimum = 15,5 dk/8.500 rpm

Torsi Maksimum = 13 Nm/7.000 rpm

Tipe Kopling = Multiplate wet clutch coil spring

Tipe Transmsi = Manual, 6-speed

Pengoperan Gigi = 1-N-2-3-4-5-6

Tipe Starter = Pedal & elektrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya