Motor Yamaha Palsu dari China, Namanya Yayama

Yayama R6, motor tiruan Yamaha R6.
Sumber :
  • Visordown

VIVA.co.id – China dikenal sebagai negara pencipta barang-barang berbau plagiarisme. Hal sama juga berlaku pada sektor kendaraan roda dua. Bahkan motor-motor kenamaan dunia bermerek Yamaha juga tak luput dari aksi contek perusahaan otomotif China, demi meraup keuntungan.

Yamaha Bakal Suntik Mati Salah Satu Motor Gede Andalannya

Salah satu motor jiplakan yang berhasil ditiru perusahaan China adalah Yamaha R6. Tetapi sadar motor itu merupakan tiruan, nama yang disemat juga dibuat mirip, yakni Yayama R6.

Seperti dilansir Visordown, Senin, 10 April 2017, meski wujudnya sangat mirip dengan Yamaha R6, motor tiruan ini hanya dibekali mesin 150cc. Selain itu, frame yang digunakan juga dinilai mirip dengan potongan-potongan frame sisa. Sayangnya tidak ada informasi mengenai harga untuk motor tersebut.

Tiruan Yamaha Xabre dari China Muncul, Harganya Murah Meriah

Satu motor Yamaha lainnya yang ditiru perusahaan otomotif China adalah JD125, tiruan dari Yamaha R15. Motor itu mendaulat wujud dari gen R1. Penampilannya juga terbilang sporty, meski hanya dibenamkan mesin 125cc. Secara kasat mata, memang tampak mirip. Tetapi jika diamati seksama, sangat jelas motor itu hanya tiruan dengan harga jual murah.

Kebiasaan China mengkloning kendaraan sebenarnya sudah sering terjadi. Selain roda dua, roda empat juga tak lepas dari sasaran. Di antaranya adalah Audi Q3 menjadi SR7, VW Tiguan menjadi Damai X, Audi Q5 menjadi Zotye T6000. 

Tampang Kece Motor 800cc Buatan China, Segera Produksi

Protes hak cipta yang diduplikasi tanpa izin, juga telah dilakukan para produsen mobil yang menjadi korban. Namun sayang, pengadilan kerap memenangkan para produsen mobil Tiongkok. (ase)

Yamaha R6 Race 2022

Yamaha Rilis R6 Terbaru, Sayang Cuma Bisa Dipakai di Sirkuit

Yamaha R6 Race dan R6 GYTR resmi diluncurkan untuk pasar Eropa dan hanya bisa dipakai untuk balapan di sirkuit saja.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2021