Bahaya Menggunakan Helm Half Face bagi Biker

Deretan helm yang ditawarkan di ajang Tumplek Blek 2017, di Senayan, Jakarta.
Sumber :
  • Pius Yosep

VIVA.co.id – Helm merupakan salah satu perangkat yang wajib digunakan para pengendara sepeda motor. Helm akan melindungi kepala dari benturan apabila terjadi kecelakaan di jalan raya.

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

Secara umum, helm dibedakan menjadi dua, yakni full face dan half face. Berbicara keamanan, tentu helm full face akan memberikan perlindungan yang lebih bagi penggunanya.

Aldea Henry, selaku instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika (DAM), distributor sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat, mengungkapkan jika penggunaan helm full face memang lebih aman dibandingkan half face.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

"Memang kalau ditanya lebih aman mana, helm full face lebih aman dibandingkan dengan half face. Tapi, memang penggunaan helm yang tidak sesuai seperti helm yang tidak sesuai ukuran, pengunci helm yang rusak, dan kaca helm yang sudah tidak jernih juga penting," katanya di Bandung, Jawa Barat.

Selain itu, Aldea menjelaskan jika penggunaan helm full face dinilai lebih aman, karena melindungi seluruh bagian wajah, termasuk rahang. "Kalau kecelakaan dan rahang yang kena duluan itu pasti si pengendaranya enggak sadarkan diri atau meninggal dunia. Jadi memang hal tersebut harus diperhatikan," kata Aldea.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Aldea melanjutkan, penggunaan helm yang benar serta kondisi helm adalah hal utama yang perlu diperhatikan juga oleh para biker.

Ilustrasi helm motor

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Helm motor dengan status SNI wajib digunakan oleh pengendara, dan agar nyaman maka ukuran helm harus sesuai dengan lingkar kepala.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2022