Kisah Viral Driver Gojek, RX King Butut Diperbaiki Jadi Baru
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 5 Juni 2017 | 12:33 WIB

Kisah Viral Driver Gojek, RX King Butut Diperbaiki Jadi Baru

Awalnya motor Hermanto sangat tak layak pakai.
Pak Jermanto (jaket Gojek) bersama tim bedah motornya.
Photo :
  • Dok RX King Indonesia

Pak Jermanto (jaket Gojek) bersama tim bedah motornya.

VIVA.co.id – Seorang driver Gojek bernama Hermanto, warga Taman Ratu, Jakarta Barat, kini menjadi buah bibir masyarakat. Fotonya menjadi viral tersebar setelah sebuah komunitas sepeda motor RX King di Jakarta mengunggahnya ke jagad maya, lengkap dengan kata-kata: Dicari!

Hermanto diburu anggota komunitas RX King Indonesia bukan karena perangainya yang buruk, melainkan karena mereka merasa iba dengan motor RX King yang digunakan untuk mengais rezeki, jauh dari kata layak pakai. 

Kondisi motor Hermanto memang memprihatinkan, gempuran karat di mana-mana, lampu rem dan sein belakang pun sudah tidak kokoh di tempatnya, diragukan pula kondisinya apakah berfungsi atau tidak. Bahkan helm yang dipakai melindungi kepala Hermanto juga sudah retak.

Maka itu komunitas RX King Indonesia kemudian sepakat ingin merestorasi motor Hermanto agar benar-benar layak digunakan untuk menghidupi keluarganya. 

Menurut Jujun Wahyudi, salah seorang inisiator bedah motor milik Hermanto, sebelum melakukan aksi sosial ini mereka meminta izin dari Hermanto agar mau motornya diperbaiki. Usai diperbolehkan, tim bedah lalu kebanjiran permintaan bantuan dari sesama biker RX King.

Pak Hermanto, tengah, bersama teman-teman RX King Jakarta.

"Awalnya kami ingin perbaiki motor Pak Hermanto agar safety saja. Karena motornya saat kami temukan benar-benar tidak layak. Tetapi kami akhirnya sepakat membedah total sampai ke keseluruhan komponen unit motor berbekal banyaknya bantuan dari para pencinta RX King di Indonesia. Kami suaikan keperluan dan kebutuhan, serta berusaha jadikan motor tersebut menjadi layak, sesuai fungsi dan peruntukannya untuk mencari rezeki," kata Jujun Wahyudi kepada VIVA.co.id, Senin 5 Juni 2017.

Perbaikan akhirnya dilakukan mulai 23 Mei 2017, di sebuah bengkel di Kedoya Selatan, Jakarta Barat. Kata Jujun, perbaikan melibatkan banyak anggota RX King Indonesia dari berbagai wilayah di Tanah Air dalam bentuk sumbangan sukarela, baik suku cadang orisinal, hingga uang.

"Kami cuma buka donasi dua hari dan peminat yang ingin beri bantuan buat Pak Hermanto sangat banyak. Akhirnya setelah biaya dan komponen yang diperlukan cukup, kami langsung tutup donasi. Banyak sekali orang yang mau bantu Pak Hermanto. Kami sengaja tutup, karena buat apa lagi, sudah cukup juga untuk perbaiki motornya," kata Jujun lagi.

RX King Hermanto setelah direstorasi.

Kini motor Hermanto telah selesai direstorasi. Suku cadang yang didonasikan belum terpakai juga diberikan kepada Hermanto sebagai cadangan jika ada kerusakan di kemudian hari. Selama motor direstorasi, Hermanto tak menarik ojek online. Padahal teman-teman dari komunitas RX King sudah menyiapkan motor pengganti sementara agar dia tetap bisa mencari rezeki.

"Dia tidak mau. Atas permintaan Pak Hermanto akhirnya dia meminta istirahat saja. Hingga akhirnya motor selesai direstorasi, dia sangat terharu setelah mendapati motornya telah berubah, atas bantuan banyak orang yang peduli dengannya," kata Jujun.

loading...
Muat Lainnya...