Sah, Motor Listrik Rp16 Jutaan Resmi Meluncur di Indonesia

Motor listrik Viar Q1
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA.co.id – Setelah sempat diperkenalkan kepada media beberapa waktu lalu, Viar Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan motor skuter listrik Q1 untuk pasar Tanah Air. Motor ini hadir dengan desain eksentrik, syarat dengan modernitas.

Wow! Sri Mulyani Anggarkan Rp 966 Juta untuk Pengadaan Mobil Listrik Eselon I

Menariknya, motor listrik berkekuatan 800 watt ini dijual dengan kelengkapan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), sehingga bisa dioperasikan di jalan raya.

Menurut Presiden Direktur PT Triangle Motorindo, Ignatius Kartiman, produk terbaru Viar Indonesia ini merupakan hasil kerja sama dengan Bosch dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia berharap agar Q1 dapat mendukung program pemerintah untuk mengurangi dampak pemanasan global, karena Q1 tidak menimbulkan asap.

Menperin: Bantuan Rp 7 Juta Beli Motor Listrik untuk Dorong Produktivitas UMKM
"Viar Q1 merupakan produk yang kami kembangkan bekerja sama dengan Bosch dan Universitas Gadjah Mada. Ini jadi salah satu bentuk dukungan kami dalam mendukung pemerintah hadirkan kendaraan tanpa polusi yang tidak gunakan bahan bakar, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017," kata Kartiman, di sela peluncuran Viar Q1, di Balai Kartini, Jakarta, Selasa 6 Juni 2017.
 
Menperin Usulkan Tiga Opsi Kebijakan untuk Insentif Mobil Listrik
Bosch dalam hal ini merupakan perusahaan yang mendukung pada komponen tenaga penggeraknya. Sedangkan UGM berperan dalam melakukan pengembangan lanjutan untuk menjadikan Viar Q1 menjadi skuter pintar.
 
Sementara itu menurut Amine Kamel, Director Automotif Electronic Bosch South East Asia, motor listrik ke depan diprediksi akan jadi kendaraan pilihan banyak orang. Sebab di tengah isu pemanasan global seperti sekarang ini, motor listrik dianggap merupakan salah satu jawaban sarana transportasi yang patut dilirik.
 
"Bosch sendiri melahirkan e-scooter driving system, yang kemudian diaplikasikan ke Viar Q1.e-Scooter Driving System merupakan sebuah inovasi ramah lingkungan yang bertenaga untuk membangun kendaraan bebas emisi. Sistem ini dialokasikan dalam unit Q1 terdiri atas Electronic Control Unit (ECU) dan e-Motor," kata dia.
 
Soal harga, motor Q1 produksi pabrik Viar di Semarang, Jawa Tengah ini ditawarkan dengan banderol Rp16,2 juta on-the-road (OTR) Jabodetabek. Konsumen bisa membeli dengan cara kredit melalui Adira Finance.
 
Konsumen yang melakukan pemesanan di bulan ini dikatakan berhak mendapatkan cashback Rp700 ribu dan helm retro. Sementara pengiriman unit ke konsumen dilakukan mulai 8 Juni 2017.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya