Tak Punya Mesin, Bagaimana Perawatan Motor Listrik Viar Q1?

Viar Q1.
Sumber :
  • Viar Indonesia

VIVA.co.id – Pasar sepeda motor di Tanah Air kembali diramaikan dengan kehadiran pendatang baru dari Viar, bernama Q1. Motor ini bertenaga listrik, tanpa mesin konvensional dan tanpa pelumas. Wujudnya juga terbilang ringkas dengan bobot 78,5 kilogram.

Enggak Kena BBN, Seberapa Murah Motor Listrik?

Karena merupakan motor listrik, tentu motor ini tak menggendong sejumlah perlengkapan seperti halnya pada motor konvensional bermesin bensin. Maka itu motor ini kemudian diklaim minim perawatan.

Menurut Sutjipto Admotjo, Direktur Triangle Motorindo, Viar Q1 cukup efisien dalam hal perawatan. Kalau pun masuk bengkel, paling hanya sekadar mengganti ban. "Motor listrik ini kan sangat sederhana, dia kan tidak ada mesinnya, jadi perawatan khusus (mesin) bisa dibilang hampir tidak ada,” ujar Sutjipto, di Balai Kartini, Jakarta.

Harga Rp13 Juta, Motor Ini Sudah Pakai Suspensi Upside Down

Q1 memiliki kandungan lokal sebanyak 20 persen. Kandungan lokal terdiri dari karet-karet seperti ban, sementara lainnya diimpor. Komponen baterai sendiri disuplai dari Bosch. Baterai memiliki daya tahan dua sampai tiga tahun dan memiliki harga Rp5 jutaan.

Viar Q1.

Harga Bekas Motor Merek Lokal Ini Hanya Turun 10 Persen

“Kami harap motor ini dapat terjual 500 unit per bulan sampai akhir 2017. Dari sana kami akan evaluasi lagi soal target," katanya.

Sementara menurut Presiden Direktur PT Triangle Motorindo Ignatius Kartiman, karena Q1 merupakan motor listrik artinya tentu tak menggunakan bahan bakar. Jika baterai habis, motor tinggal dicas ulang ke terminal listrik. Motor ini dibekali mesin listrik 800 watt dari Bosch. Sekali cas bisa melaju hingga 70 kilometer dengan kecepatan maksimal kisaran 60 kilometer per jam. Akinya menggunakan tipe lithium-ion maintenance free (60V20AH).

Kapasitas akinya 2 Kwh dan membutuhkan pengecasan sekitar lima sampai tujuh jam. Viar Q1 juga dibekali cas input 220 volt yang mampu mengeluarkan power 50 Hz.

Viar Q1 dijual dengan banderol Rp16,2 juta on the road Jabodetabek. Pengiriman unit ke konsumen akan mulai dilakukan 8 Juni 2017. Saat ini pemesanan unit masih inden. Sehingga konsumen wajib antre dan menunggu paling tidak selama tiga pekan. Garansi yang akan diberikan yakni satu tahun untuk komponen baterai.

Skuter listrik Viar Q1

Viar Q1 juga akan dibawa ke ajang Jakarta Fair 2017, 9 Juni mendatang. Sama seperti saat ini, Viar Indonesia bakal memberikan cashback Rp700 ribu untuk pembelian Q1, lengkap dengan hadiah jaket dan helm retro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya