Suzuki Lagi Garap Motor Sport Listrik Mirip GSX-R

Sketsa paten motor sport listrik Suzuki.
Sumber :
  • Visordown

VIVA.co.id – Era revolusi kendaraan listrik memang telah dimulai. Padahal selama satu dekade sebelumnya hanya berupa sinyal bila hal tersebut benar-benar terjadi. Tak cuma mobil, motor pun demikian.

Wow! Sri Mulyani Anggarkan Rp 966 Juta untuk Pengadaan Mobil Listrik Eselon I

Namun gerak langkah motor listrik terpantau tak secepat perkembangan mobil. Sebab motor memiliki ruang terbatas serta daya angkut minim untuk menampung baterai. Sementara penggunaan motor listrik membutuhkan baterai dengan daya besar untuk mampu melajukan kendaraan sejauh mungkin.

Kendati demikian upaya untuk merealisasikan sepeda motor bertenaga besar dengan penggerak ramah lingkungan terus dilakukan banyak produsen otomotif. Seperti halnya Suzuki yang baru-baru ini merilis sketsa paten motor listrik mereka.

Menperin: Bantuan Rp 7 Juta Beli Motor Listrik untuk Dorong Produktivitas UMKM

Berdasarkan gambar tersebut, mereka rupanya sedang mengembangkan ide-ide untuk diterapkan pada sebuah motor sport listrik dan dibuat seperti model GSX-R. Demikian seperti dilansir Visordown, Jumat, 7 Juli 2017.

Meski belum diketahui apakah wujud motor yang ada di gambar tersebut akan masuk dalam tahap produksi, namun setidaknya menunjukkan bahwa RnD Suzuki tengah serius mengerjakannya.

Menperin Usulkan Tiga Opsi Kebijakan untuk Insentif Mobil Listrik

Desain sepeda motor listrik Suzuki berbeda dengan lainnya, dalam hal tata letak motor dan baterai. 'Mesinnya’ tampak bersusun ke atas tidak diletakkan di sepanjang frame sepeda motor alias longitudinal.

Gearbox yang terdapat pada sepeda motor ini juga dibuat mirip dengan sepeda motor bermesin konvensional. Ini dilakukan agar pengendara mudah saat mengendarainya. Ditambah lagi terdapat kopling di mana kebanyakan sepeda motor listrik lain tidak menggunakannya.

Dengan wujud memanjang, menunjukkan bila motor sport listrik Suzuki memiliki banyak ruang. Baterai kemudian ditutupi dengan fairing. Kuat dugaan desain ini bukanlah untuk diproduksi secara massal dalam waktu dekat. Tetapi lebih kepada investasi mereka menyambut geliat motor listrik ke depan.

Meski demikian, tidak pula menutup kemungkinan pula bahwa Suzuki akan membuat sepeda motor listrik ini dengan konsep desain futuristik yang akan menarik minat masyarakat dengan desain seperti GSX-R.

Laporan: Sheila Dwi Andani/Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya