Motor Listrik Paling 'Kurus' Ini Terbuat dari Kayu

Motor listrik paling unik
Sumber :
  • autoevolution

VIVA.co.id – Sepeda motor listrik saat ini sedang menjadi tren di kalangan pelaku industri otomotif. Tercatat beberapa pabrikan motor global bahkan telah mengembangkan motor ramah lingkungan ini sebagai kendaraan masa depan.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Dilansir Autoevolution, Senin 31 Juli 2017, dua orang pemuda asal Polandia telah mengembangkan motor listrik yang diberi nama Avionics V1. Motor ini disebut-sebut mirip dengan motor Indian V-Twin pertama.

Motor listrik garapan Jaromir dan Bartek ini berdesain unik, karena terbuat dari logam dan kayu yang diambil dari pohon Jatoba. Namun jangan harap ada mesin berkubikasi 1.000cc di frame tabung tersebut.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Yang ada hanya sebuah kotak kayu Jatoba yang digunakan untuk menaruh baterai, perangkat kelistrikan, serta alat soket untuk charge. Kotak tersebut dihubungkan dengan roda belakang menggunakan rantai.

Motor listrik ini mampu menghasilkan 5 kilowatt dan torsi maksimum sebesar 125 Nm atau 92 lbft. Dengan tenaga itu, motor ini mampu melaju dengan kecepatan hingga mencapai 58 km/jam. Artinya mampu menyaingi kecepatan motor skuter 50cc.

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

Adapaun baterai yang digunakan adalah lithium-ion 24 Ah yang bisa bertahan dengan menempuh perjalanan hingga 120 km. Pengisian ulang baterai itu akan memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam dan motornya juga dilengkapi dengan sistem rem energy recovery.

Tidak ada informasi harga saat ini, namun konsumen dapat mendaftar di situs Avionics untuk melakukan pra-pemesanan mulai bulan September tahun ini.

Yadea Kemper RC

Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing

Yadea Kemper RC, sebuah motor listrik sport touring full-fairing yang baru saja diluncurkan di EICMA 2023, siap menggemparkan dunia otomotif dengan desainnya yang menawan

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024