Tak Lama Lagi Skutik Honda Bakal Dilengkapi Airbag

Airbag pada skuter Honda
Sumber :
  • Paultan

VIVA.co.id – Fitur keselamatan airbag tentu sudah sangat akrab dengan kendaraan roda empat. Namun tentu masih terasa asing untuk diterapkan pada sepeda motor.

Agar Tetap Selamat Pemilik Mercedes-Benz di RI Segera ke Bengkel

Namun tak lama lagi, fitur keselamatan ini akan ditemui pada kendaraan roda dua setelah Honda memamerkan inovasi terbarunya pada ajang Honda Meeting 2017 di Tokyo, bulan lalu.

Bekerja sama dengan Autoliv, pemasok sistem keamanan pada kendaraan, Honda mengembangkan kantong udara (air bag) yang dapat melindungi kepala pengendara dari berbagai jenis benturan.

Honda Beat 2022 Dapat 4 Baju Baru, Makin Ngejreng!

Teknologi ini akan diaplikasikan di bagian depan motor skuter yang sering kali berbenturan dengan mobil. Honda akan mengusung teknologi keamanan airbag ke pasar sesegera mungkin.

Sistem keamanan ini memiliki cara kerja yang sama seperti kantong udara pada mobil, dengan menanamkan sensor pada fairing depan skuter untuk mendeteksi tabrakan, maka kantong udara akan segera mengembang sempurna pada 0,04-0,05 detik.

Asyik, Beli Honda CB150X Dapat Promo Menarik

Sistem keamanan ini telah melalui proses uji coba kecelakaan dengan kecepatan 50 km/jam dan terbukti dapat mengurangi dampak kerusakan pada kepala pengendara sepeda, seperti dilansir dari laman Paultan, Jumat 4 Agustus 2017.

Sayangnya, fungsi perlindungan airbag ini kurang optimal ketika bahaya datang dari sisi samping skuter, sebab sebagian besar kecelakaan antara mobil dan motor terjadi karena senggolan dari sisi samping.

Namun setidaknya, airbag ini bisa berkontribusi mengurangi jumlah korban dan tingkat keparahan pada kecelakaan.

Sebelumnya, Honda juga telah memamerkan teknologi keamanan airbag pada motor touring andalannya, Honda Goldwing GL1800. Airbag dapat dipasang pada baju pengendaranya, seperti sistem Dainasi D-Air atau Alpinestars Tech-Air Systems.

Laporan: Binteri Afsari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya