Jangan Coba-coba Olesi Rantai Pakai Gemuk

Rantai motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Jika Anda pengguna motor berpenggerak rantai, pasti sering mendengar suara gesekan tak enak. Itu karena rantai kendur atau kering. Untuk mengatasinya dibutuhkan penyetelan ulang serta pelumasan agar rantai kembali bekerja maksimal.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun beberapa pengguna motor masih salah kaprah melakukan pelumasan rantai, semisal menggunakan oli mesin bekas atau gemuk. Tentu pelumasan ini dilakukan agar rantai tak kering agar berjalan lancar setiap putarannya.

Menurut Marketing PT Altama Surya Anugerah --penyedia cairan Rexco, Alfons-- penyebab rantai cepat rusak karena banyak yang masih percaya dengan penggunaan oli bekas. padahal oli bekas itu berbahaya karena debu dan kotoran cepat menempel.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Jika sudah kotor terjadi gesekan yang berlebihan dan ini membuat rantai cepat kendur, bahkan putus. Saya sarankan sebelum melumuri cairan khusus rantai, bersihkan terlebih dahulu sehabis itu baru lakukan penyetelan,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Lanjut dia, hindarkan pula pelumasan rantai menggunakan grease atau gemuk dan juga oli mesin yang baru sekalipun. Karena harus menggunakan cairan khusus. Sebab jika menggunakan oli mesin daya pekatnya terhadap kotoran tinggi sekali.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022