Mesin Baru Motor Ducati Tembus 200 Daya Kuda

CEO Ducati, Claudio Domenicali saat peluncuran mesin baru.
Sumber :
  • Ducati

VIVA.co.id – Ducati resmi mengenalkan mesin baru mereka di Sirkuit Misano, Italia. Berbeda dari sebelumnya, mesin ini mengusung konfigurasi empat silinder, sama seperti yang dipakai oleh tim Ducati MotoGP.

Ducati Panigale V4 SP2 Resmi Dirilis, Pakai Mesin Balap

Dilansir dari Carthrottle, Jumat 8 September 2017, mesin yang diberi nama Desmosedici Stradale ini akan dipasang pada motor baru pengganti Panigale. Kapasitas mesinnya 1.103 cc dan dilengkapi dengan empat katup per silinder.

Dimensi mesin ini lebih besar dari yang digunakan di MotoGP, agar torsi bisa dihasilkan pada putaran mesin yang lebih rendah. Batang pistonnya memiliki panjang 53,5 milimeter dan diameter piston 81 mm. Sistem penyuplai bahan bakar sama dengan yang dipasang pada mesin MotoGP.

Gaharnya Motor Enea Bastianini yang Digaji Perusahaan Asal Indonesia

Dengan konfigurasi tersebut, mesin dapat menghasilkan tenaga sebesar 206 daya kuda pada putaran 13 ribu rotasi per menit. Ducati mengaku itu adalah tenaga maksimal yang bisa dihasilkan tanpa menambah kapasitas mesin.

Sudut kemiringan antara dua piston dan dua piston lainnya dibuat 90 derajat, sehingga menghasilkan distribusi bobot yang ideal. Pengapian menganut sistem big bang, yakni silinder satu dan dua menyala bersamaan, diikuti silinder tiga dan empat.

Intip Spesifikasi Motor Ducati Tim MotoGP Valentino Rossi

Layaknya mesin motor MotoGP, putaran kruk as atau crankshaft dibuat melawan arah putaran roda. Hal ini dilakukan untuk mengurangi efek giroskopik, sehingga pengendara bisa mengubah kemiringan motor dari kiri ke kanan dengan lebih enteng.

Selain itu, cara tersebut juga efektif untuk mengurangi gejala roda depan terangkat karena tenaga mesin yang terlalu besar.

Ducati mengklaim bahwa perawatan mesin baru ini tidak berbeda dari mesin sebelumnya. Perawatan berkala dilakukan setiap 15 ribu kilometer, dan jarak penggantian oli mesin sekitar 7.500 km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya