Terlihat Sepele, Hal Ini Bikin Aki Cepat Soak

Bengkel servis motor Yamaha.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Lampu rem pada sepeda motor berfungsi memberi isyarat kepada pengendara di belakang untuk menjaga jarak saat pengereman.

6 Cara Mudah Merawat Motor saat Musim Hujan

Karena letaknya di belakang, pengendara kerap tak menyadari bahwa lampu remnya tidak berfungsi normal. Baik lampunya redup maupun menyala terus menerus meski tuas rem tak ditekan.

Menurut mekanik bengkel resmi Yamaha, Jajang, lampu rem yang menyala terus menerus karena switch atau tombol bermasalah.

Cara Mudah Mencegah Rantai Motor Lepas atau Cepat Putus

"Kalau lampu rem nyala terus itu tandanya enggak normal ya, sebabnya switchnya sudah enggak main (rusak)," kata Jajang kepada VIVA.co.id di Rawamangun, Jakarta Timur.

Dia mengatakan switch tak berfungsi normal lantaran fitur tersebut karena penggunaan rem yang lebih intens maupun switch sudah mulai kotor dan aus.

Motor Lama Tidak Dipakai Harus Cabut Aki? Ini Jawabannya

"Keseringan main rem tangan kanan bisa matiin saklarnya. Tapi meski switch masih bagus tapi dia tetap nyala terus, bisa juga karena handle rem yang rusak," ujarnya.

Jajang mengatakan, bila hal ini dibiarkan secara terus menerus bisa membuat aki cepat soak. Menurutnya masalah ini terjadi kepada motor berusia lebih tiga tahun.

"Motor tiga tahun ke atas atau telah mencapai jarak 25 ribu kilometer sering bermasalah lampu belakangnya. Makanya kan kalau servis rutin, nanti mekaniknya ngecek kelistrikan normal apa enggak," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya