Beban Maksimal untuk Motor Matik, Banyak yang Tak Tahu

Motor dengan beban berlebih.
Sumber :
  • Motorbiru.wordpress

VIVA.co.id – Membawa beban terlalu besar pada kendaraan roda dua sering kita jumpai saat berkendara, khususnya saat musim mudik lebaran. Namun, tahukah Anda bahwa ada batasan beban maksimal pada motor yang tentu sangat penting diketahui agar kendaraan tidak cepat rusak.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta, Muhammad Abdul Wakhid mengatakan bila beban maksimal pada setiap jenis sepeda motor berbeda-beda. Skuter matik merupakan segmen yang mampu menbawa beban maksimal terkecil dibandingkan motor bebek dan sport.

"Beban itu tergantung dari model motor, matik mungkin dengan pembonceng itu sekitar 120 kilogram. Sedangkan untuk bebek dan sport tentu lebih tinggi," katanya kepada VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Selain itu, Muhammad mengungkapkan jika membawa beban terlalu besar dapat berdampak negatif bagi pengendara dan kendaraan yang digunakan.

"Selain berbahaya bagi pengendara, hal pertama yang sering berdapak itu kerja mesin, lalu kedua roda, terus pengereman, bensin sudah pasti lebih boros, shockbreaker cepat rusak. Kalau roda itu bicara bering sama ban ya," ujar Muhammad.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Diketahui, peraturan lalu lintas telah menetapkan aturan bagi kendaraan yang melebihi batas, akan tetapi hal ini masih belum sepenuhnya dipatuhi oleh pengendara hingga saat ini.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022