Dua Trik Mujarab Atasi Baut Dol pada Motor

Baut mesin.
Sumber :
  • Honda Community

VIVA.co.id – Sebagian pengendara motor pasti pernah mengalami kejadian ulir baut slek atau dol. Kondisi tersebut tentu menyebalkan. Apalagi jika masalah itu terjadi di bagian mesin. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Ternyata ada cara cepat dan tepat yang acap dipilih para pencinta otomotif, yakni mengganti baut dengan ulir yang ukurannya lebih besar. Sebagai contoh, apabila ulir sebelumnya halus (ISO Metric) bisa diganti dengan model kasar (Amerika). Versi ISO Metric biasanya menggunakan ukuran milimeter, sementara standar Amerika memakai ukuran inci.

Sebagai contoh, jika baut ukuran 10 mm (ISO Metric) yang dipakai di tutup gir depan slek, bisa diganti baut ukuran 5/16 inci (Amerika). Caranya, masukkan baut kasar ke lubang ulir yang rusak menggunakan kunci ring. Lalu putar perlahan sambil tetesi oli.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Cara kedua, yakni memakai baut yang lebih besar satu tingkat. Misal baut knalpot Tiger yang asli ukurannya 11 mm, ganti dengan 12 mm. Cara ini harus dilakukan di bengkel, karena harus memakai bor listrik untuk memperbesar ukuran ulir. Lalu, buat ulir baru dengan alat pembuat ulir (hand tap). Hand tap diputar bolak-balik sambil ditetesi oli. 

Untuk lubang yang slek dan perlu dikembalikan ke ukuran standarnya, ada dua cara. Pertama memakai recoil thread, ini adalah lilitan ulir di bagian luar dan dalam yang akan dipasang di dalam ulir yang rusak. Pengerjaannya praktis, meski alatnya tak banyak bengkel yang punya. (hd)

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

“Berguna saat pas balap, kalau ada masalah baut slek bisa dikerjakan dengan cepat dengan recoil,” kata Erwin Oei alias Akiang, mekanik tim Honda Sphinx OEI dari Ciputat, Tangerang Selatan, seperti dilansir Honda Community, Selasa 10 Oktober 2017.

Cara kedua, buat yang ingin hasil rapi seperti aslinya, yakni menutup lubang lama dengan teknik pengelasan babet. Selanjutnya dilubangi dengan bor listrik dan dibikin ulir baru dengan ukuran yang sama dengan ulir lama.
 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022