Kerusakan Akrab pada Motor Bila Jarang Digunakan

Motor gede (moge)
Sumber :
  • Rendra/VIVA.co.id

VIVA – Masih banyak para pemilik sepeda motor yang jarang menggunakan “kuda besinya” tiap waktu. Seperti halnya motor gede. Mereka umumnya hanya menggunakan pada akhir pekan saja, bahkan hanya beberapa pekan sekali.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut Technical Advisor Quality Assurance Astra Otoparts, Sahrudin, sama seperti kendaraan bermotor pada umumnya, motor gede yang jarang dipakai akan mengakibatkan aki cepat jebol atau soak. "Sama seperti mobil, di motor pun masalahnya sama seperti itu (aki cepat jebol)," kata Sahrudin di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Untuk meminimalisir kerugian yang akan dihadapi pemilik moge, sebaiknya pengguna perlu sesekali membawa jalan motornya. Sebab menurut dia, jika motor hanya sekadar dipanaskan dengan posisi diam, maka pengisian baterai juga tidak bisa maksimal.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Paling baik itu dibawa jalan, karena kalau berhenti pun motor butuh berada di rpm cukup tinggi sekitar 2.000-an. Itu juga enggak cukup, posisi idle pun belum terisi, maka kita butuh tekan gas supaya ada proses pengisian," ujar Sahrudin.

Menurut dia, memanaskan sepeda motor tanpa digas adalah hal percuma, karena mesin juga tak bekerja secara maksimal. Jadi saat mesin dinyalakan lebih baik tekan gas sampai rpm 2.000. "Ditekan gas itu supaya ada proses pengisian, itu pun kita butuh lima menit, kira-kira itu cuma recovery saja. Kalau kita mau nambah kan waktunya lebih lama. Dibawa jalan saja, manasin," lanjut Sahrudin. (ren)

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022