Suzuki Indonesia Mau Ikutan Bikin Motor Listrik

Logo Suzuki.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Memasuki era kendaraan bertenaga listrik, beberapa produsen kendaraan roda dua berlomba-lomba bisa menghadirkan sepeda motor listrik di Indonesia. Pada beberapa waktu lalu, PT Astra Honda Motor melakukan uji coba terhadap motor listriknya yakni Honda EV Neo bersama Kementerian Perhubungan.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Tak hanya Honda, Yamaha Indonesia juga dikabarkan sedang menjajaki pasar motor listrik di Indonesia. Suzuki divisi roda juga tak mau ketinggalan, ingin meramaikan pasar motor listrik. 

Menurut Kepala Departemen Penjualan dan Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales divisi roda dua, Yohan Yahya, motor listrik menjadi perhatian bagi pangsa pasarnya saat ini. Apalagi pemerintah bakal membuat kebijakan perihal kendaraan rendah emisi.

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Kendaraan Listrik

"Motor listrik menjadi perhatian bagi kami untuk mengembangkannya," kata Yohan kepada VIVA, di Jakarta, Selasa 31 Oktober 2017.

Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang menjadi pertimbangan pabrikannya. Pertama, yakni mengenai keamanan dan limbah baterai, kedua yaitu perihal ketersediaan infrastruktur.

Honda Bakal Jor-joran Produksi Motor Listrik Tahun Ini

"Kami harus berhati-hati dalam memasarkan motor listrik, karena risiko akibat baterai yang tidak bagus dan sangat berbahaya. Itu yang menjadi konsen kami di samping itu limbah baterai juga kami pikir mau dikemanakan," ujarnya.

Namun, pada akhirnya, jika permasalahan tersebut telah ditemukan solusinya maka perusahaannya siap untuk memasarkan motor listrik di Indonesia. Terlebih bila regulasi terkait kendaraan listrik dari pemerintah sudah terang benderang. "Pada intinya kami siap hadirkan motor listrik," kata Yohan. (ren)

motor listrik Selis

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Moeldoko mengatakan, bahwa subsidi motor listrik senilai Rp7 juta yang diberikan pemerintah sudah cukup bagus tapi sayangnya kurang diminati. Ada beberapa isu penyebabnya

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024