Adu Spesifikasi Motor Listrik Yamaha dan Viar

Motor listrik Yamaha E-Vino.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing berencana menjual sepeda motor listrik di Indonesia. Namun, sebelumnya mereka terlebih dulu melakukan uji coba.

Wow! Sri Mulyani Anggarkan Rp 966 Juta untuk Pengadaan Mobil Listrik Eselon I

Sepeda motor listrik yang menjadi bahan uji coba Yamaha Indonesia adalah skuter listrik E-Vino. Skuter mungil ini sudah dijual di beberapa negara di luar Indonesia.

"Uji coba kami gandeng beberapa instansi, ada Universitas Pelita Harapan, ada Kebun Raya Bogor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, serta The Breeze BSD. Nantinya, motor ini bisa dipakai untuk mendukung kegiatan aktivitas di tempat tersebut," kata Executive Vice President YIMM, Dyonisius Beti, di Jakarta.

Menperin: Bantuan Rp 7 Juta Beli Motor Listrik untuk Dorong Produktivitas UMKM

Diketahui, Yamaha E-Vino memiliki panjang 1.675 milimeter, lebar 670 mm dan tinggi 1.030 mm. Jarak antara roda depan dan belakang 1.160 mm dan berat kosongnya 66 kilogram.

E-Vino dibekali motor listrik yang energinya didapat dari baterai Lithium-ion 50 Volt 12 Ampere hours. Untuk melakukan isi ulang tenaga baterai, dibutuhkan waktu tiga jam.

Motor ini hanya sanggup menempuh jarak 33 kilometer. Lahir sebagai kendaraan listrik mungil, E-Vino hanya sanggup dipacu hingga kecepatan 44 kilometer per jam. Rem depan dan belakang masih menggunakan model teromol.

Jika nanti meluncur, E-Vino akan menjadi pesaing Viar Q1. Saat ini, Q1 sudah resmi dijual dengan harga Rp16 jutaan.

Menperin Usulkan Tiga Opsi Kebijakan untuk Insentif Mobil Listrik

Motor listrik Viar Q1.

Motor Listrik Viar Q1 (Foto: VIVA/Jeffry Yanto)

Q1 sanggup dipacu hingga kecepatan sekitar 55 km per jam dan bisa mencapai jarak kurang lebih 60-70 km. Baterainya menggunakan Lithium-ion berkapasitas 60 Volt 20 Ah. Waktu pengisian baterai 5-7 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya